6 Pelajar SMP Bakal Wakili Indonesia di Olimpiade Sains Dubai, Sebanyak 6 siswa SMP siap berkompetisi di ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Dubai pada tanggal 12-21 Desember 2021.

6 Pelajar SMP Bakal Wakili Indonesia di Olimpiade Sains Dubai

Baca Yuk :

Enam pelajar SMP akan mewakili Indonesia dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) di Dubai pada 12-21 Desember 2021.

Para siswa yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut, merupakan peserta yang lolos berdasarkan hasil Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Olimpiade Sains Dubai

Sebelum mengikuti perlombaan, enam peserta telah menyelesaikan rangkaian tahapan pembinaan, dari 4 Oktober hingga 11 Desember kemarin.

Berikut ini daftar nama Pelajar SMP Wakil Indonesia di Olimpiade Sains di Dubai

  1. Jack Howard (SMP Dharma Yudha Pekanbaru)
  2. Tharfi Thufail Qays Al Hakim ( SMP Al Muttaqin Tasikmalaya)
  3. Harlbert Mayer Hsia (SMP Witama National Plus Pekanbaru)
  4. Hisyam Najamuddin (SMPN 1 Lamongan)
  5. Refa Nurtantiawati (SMPN 2 Pangkalpinang)
  6. I Kadek Andhika Ary Wiguna (SMPN 6 Denpasar).

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi mengatakan, pada 2021 para pelajar Indonesia telah berhasil membawa pulang medali dari berbagai olimpiade internasional yang diikuti.

Keikutsertaan para pelajar bersaing dengan pelajar luar negeri pun akan menjadi bekal pengalaman untuk masa depan dan juga menginspirasi pelajar lain untuk terus berprestasi.

“Para siswa dapat membuktikan bahwa kita dapat terus berprestasi dalam keadaan apapun termasuk dalam situasi pandemi seperti ini,” ungkap dia dikutip dari siaran pers yang diterima, Rabu (15/12/2021).

Asep menjelaskan bahwa, penguatan pendidikan karakter terus dilaksanakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas prestasi peserta didik di bidang kompetisi sains baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Kemendikbudristek melalui Sekretariat Jenderal, Pusat Prestasi Nasional secara konsisten terus mengikutsertakan para siswa berprestasi sains di tingkat nasional untuk berkompetisi di tingkat internasional, ” tambah Asep.

Untuk olimpiade tersebut, dilakukan persiapan yang cukup matang, membuat hasil maksimal berupa medali diharapkan dari dari para peserta yang mewakili Indonesia di olimpiade sains.

Salah satu pengajar yang ikut melatih para peserta, Dr. Yasman, pembina bidang Biologi yang berasal dari FMIPA Universitas Indonesia, sangat optimis dengan hasil yang akan diraih anak didiknya.

Menurutnya, disiapkan 6 siswa yang merupakan jebolan dari KSN tahun lalu. Mereka dipilih berdasarkan hasil nilai tertinggi, serta mencukupi secara usia.

Sejauh ini, kata Yasman, para siswa telah menjalani pelatihan yang baik dan siap untuk berkompetisi. Materi pembinaan terdiri dari materi pokok dan materi penunjang.

“Meskipun terkendala masa praktik yang sedikit, namun mereka sudah sebulan mendapatkan pelatihan tatap muka dan tugas pengerjaan soal pada waktu jam belajar. Saat pelatihan sebulan di Depok mereka memperbanyak latihan soal ujian,” tutup Yasman.

Itulah Informasi tentang 6 Pelajar SMP Bakal Wakili Indonesia di Olimpiade Sains Dubai, semoga siswa berprestasi tersebut sukses pada Olimpiade di dubai nanti.

Referensi : okezone.com, sindonews.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now