Greeone

5 Tips Sukses Usaha Bunga Hias dengan Modal Kecil untuk Pemula. Salah satu jenis kegiatan usaha yang mampu menghasilkan keuntungan menjanjikan adalah usaha bunga hias.

Sebab, tren menanam tanaman saat ini sedang sangat tinggi di masyarakat. Tidak heran jika banyak masyarakat yang mencari bunga hias yang cantik untuk ditanam.

Baca Yuk :

5 Tips Sukses Usaha Bunga Hias dengan Modal Kecil untuk Pemula

Terlebih, bisnis ini akan lebih terasa menyenangkan jika memang Anda adalah penyuka ataupun memiliki hobi sejenis.

Lalu, bagaimana cara memulai usaha ini untuk pemula?

Berikut ini 5 tips Usaha Bunga Hias Bagi Pemula:

1. Menambah pengetahuan dan tentukan jenis tanaman hias

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha bunga hias, baiknya Anda ketahui terlebih dahulu berbagai jenis juga perawatan dari bunga hias.

Karena akan terasa cukup sulit jika kita menjalankan bisnis tanpa mengetahui seluk beluk produknya. Perkembangan teknologi kini semakin memudahkan kita untuk mendapat berbagai informasi, termasuk untuk tanaman hias.

Setelah mengetahui informasi mengenai tanaman hias tersebut, selanjutnya kita bisa pilih tanaman mana yang sekiranya akan dijual.

Untuk menentukannya, Anda bisa melakukan survey mengenai apa yang sedang dicari atau tren tanaman apa yang sedang hits saat ini atau dengan mempertimbangkan juga karakteristik tanaman dengan lokasi Anda, apakah memungkinkan ataupun kurang pas. Poin ini juga dapat meminimalisir adanya kerugian di masa yang akan datang.

2. Menyiapkan modal

Salah satu poin penting dalam membuka usaha adalah modal, namun kita bisa menyesuaikan awal mula usaha dengan modal yang dimiliki.

Pembelian tanaman hias di awal diperkirakan sekitar 2 juta rupiah dengan asumsi perlengkapan sebesar 1 juta rupiah, sehingga modal yang bisa disiapkan senilai 3 juta rupiah.

Namun, selain itu, kita juga perlu menyiapkan kebutuhan rutinnya, seperti pupuk dan nutrisi serta pengiriman bunga itu sendiri.

3. Tentukan lokasi usaha

Setelah menentukan jenis tanaman dan modal, selanjutnya kita cari juga tentukan lokasi untuk usaha bunga hias ini. Pilih lokasi strategis sehingga mudah dijangkau oleh banyak orang. Misal di pinggir jalan raya, atau menyewa toko yang berada di pusat keramaian.

Lokasi ini pula termasuk pada sarana dan prasarana penunjang usaha bunga hias ini, misal tempat untuk display nya, untuk bibit maupun budidayanya. Supaya memudahkan Anda dan tentunya calon konsumen nantinya. Namun, jika modalnya memang terbatas, Anda bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan lokasi yang ada, yaitu rumah Anda.

4. Perhatikan faktor keamanan

Poin selanjutnya yang tak boleh diabaikan adalah perhatikanlah faktor keamanan karena bisa saja ada tangan-tangan jahil atau orang yang tidak bertanggung jawab ingin mengambil tanaman Anda. Baiknya lakukanlah pemantauan secara ketat.

Caranya bisa dengan melakukan pengecekan berkala kondisi tanaman.

5. Strategi pemasaran yang tepat

Promosi menjadi hal penting dalam pelaksanaan bisnis, termasuk pada usaha bunga hias ini. Anda bisa memasang media promosi berupa banner, baliho dan lain sebagainya supaya banyak orang yang tahu tentang usaha ini serta lokasinya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan pemasaran digital untuk mempromosikan bunga hias yang Anda jual.

Caranya, cukup buat akun media sosial seperti Instagram, Twitter, facebook, TikTok, atau bahkan akun YouTube.

Setelah itu buatlah konten yang isinya mengenalkan usaha bunga hias Anda beserta jenis tanaman apa saja yang Anda jual dan lokasi usaha Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuka toko online melalui platform marketplace, sehingga potensi pasar yang dijangkau menjadi lebih luas.

Itulah 5 tips sukses usaha bunga hias modal kecil untuk pemula. semoga artikel ini bermanfaat.

5 Tips Sukses Usaha Bunga Hias dengan Modal Kecil untuk Pemula

Sumber : https://www.daya.id/

Baca Yuk :

Streaming Now