5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan. Jurusan kuliah yang akan PhiRadio bahas kali ini dikenal sepi peminat, padahal sangat dibutuhkan. Tentu saja para alumni jurusan ini, terutama yang memiliki keahlian, bukan yang cuma punya gelar pendidikan. Selain itu, ketika lulus, persainganmu dalam mendapatkan kerja tidak terlalu ketat. Berikut ulasannya.

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan



  1. Tarjamah

Tarjamah termasuk jurusan yang paling jarang diminati. Jurusan Tarjamah adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari teori penerjemahan Arab-Indonesia. Nah, Sobat Phi tahu nggak, lewat kegiatan penerjemahan, proses transfer ilmu dari bangsa Muslim Arab ke bangsa Eropa itu dilakukan. Itulah mengapa bangsa Eropa kini lebih maju dari bangsa lain, karena mereka mempelajari literatur dari buku-buku berbahasa Arab.

  1. Ilmu Keolahragaan

Ilmu Keolahragaan termasuk jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Menurut Google, jumlah pencarian per bulan untuk kata kunci Jurusan Ilmu Keolahragaan adalah 0 alias hampir tidak ada orang yang mencari informasi tentang jurusan ini.

Sebenarnya, apa sih yang dipelajari di jurusan ini?



Menurut halaman Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, mata kuliah ada yang ada di jurusan ini antara lain Kinesiologi Olahraga, Biomekanika Olahraga, Biokimia Olahraga, Fisiologi Olahraga, Sosiologi Olahraga, dan masih banyak lagi.

Walaupun peminat jurusan ini bisa dikatakan sangat sedikit, tapi pekerjaan yang menanti untuk lulusan ini cukup banyak, lho. Nantinya kamu bisa bekerja di sport center yang ada di kota-kota besar di Indonesia sebagai instruktur olahraga, dan juga bisa bekerja sebagai guru pendidikan jasmani di sekolah-sekolah.

  1. Beberapa Jurusan Pendidikan

Jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan ada banyak, dan sebagian di antaranya memiliki sedikit peminat. Misalnya, Jurusan Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dan Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Bahkan, Jurusan Pendidikan IPS dan Jurusan Pendidikan Sejarah memiliki jumlah pencarian yang sedikit di Google, yaitu hanya 90 pencarian saja. Padahal, kita tahu, keberadaan guru sangat dibutuhkan untuk membantu mencerdaskan bangsa.

  1. Jurusan Teknobiomedik

Menurut Google, jumlah pencarian untuk kata kunci “Jurusan Teknobiomedik” adalah rata-rata 210 per bulan. Ini adalah jumlah yang cukup kecil. Nah, pertanyaannya, Teknobiomedik ini jurusan apa, sih?

Mengutip pendapat salah seorang yang pernah kuliah di jurusan ini, jadi Teknobiomedik ini adalah jurusan yang menggabungkan tiga disiplin sekaligus, yaitu kedokteran, teknik, dan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Jurusan ini biasanya berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. Gelar untuk lulusan jurusan ini adalah ST yang merupakan singkatan dari Sarjana Teknik.



Setelah lulus, alumni jurusan ini biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan yang memproduksi alat kesehatan. Bisa juga bekerja sebagai dosen di Jurusan Teknobiomedik itu sendiri.

  1. Jurusan Oseanografi

Kalau masa kecilmu suka main air, dan ketika beranjak dewasa kamu bertanya-tanya, apa itu tsunami, mengapa tsunami bisa terjadi, apa itu pemanasan global dan apa pengaruhnya terhadap kenaikan muka air laut, maka Jurusan Oseanografi adalah jurusan yang cocok untukmu. Dikutip dari website Institut Teknologi Bandung, oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan).

Meki sepi peminat, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas. Nah, jika tertarik kuliah di Jurusan Oseanografi, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro bisa menjadi pilihan terbaik karena kedua kampus tersebut, Jurusan Oseanografi-nya sudah terakreditasi A.

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan

Demikian lima jurusan kuliah yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Jika memilih jurusan kuliah, pastikan kamu sudah tahu prospek karirnya seperti apa ya, Sobat Phi, agar nanti setelah lulus tidak bingung mencari pekerjaan.

*source: calonmahasiswa.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 28 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 28 Mei 2020

Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kaum Rebahan
Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kaum Rebahan

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 27 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 27 Mei 2020

Close