Hingga kini, situasi dan kondisi di Indonesia masih belum stabil karena penyebaran virus corona atau Covid-19. Penerimaan mahasiswa baru pun ikut tertunda. Jika Sobat Phi sedang mencari alternatif pendidikan setelah SMA, PhiRadio sudah merangkumnya untuk kamu. Berikut ulasannya.

4 Alternatif Pilihan Pendidikan setelah SMA

  1. Ambil Program D3

Di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, terdapat program D3 dengan beberapa program studi. Jika Sobat Phi memang bersikukuh ingin masuk PTN, pilihan ini angat cocok untuk kamu coba. Pendaftaran bisa langsung dilakukan ke kampus PTN yang dituju. Pada umumnya, untuk masuk ke PTN dengan mengambil program D3 ini tidak terlalu sulit. Dan setelah lulus D3, Sobat Phi bisa melanjutkan S1 ke universitas yang sama.

  1. Sekolah Kedinasan



Jika Sobat Phi bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, maka kesempatan ini bisa diraih dengan daftar ke Sekolah Kedinasan 2020. Pendaftaran seleksi calon praja/taruna/mahasiswa sekolah kedinasan dari delapan kementerian/lembaga dibuka mulai 9 April hingga 30 April 2020. Pendaftaran dilakukan melalui satu portal, yaitu Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id.

  1. Sekolah Polri

Penerimaan siswa anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) TA 2020 ada yang dihentikan sementara. Hanya saja, untuk pendaftaran online penerimaan Polri 2020 Tamtama, Bintara, dan Taruna bagi lulusan SMA /sederajat ini masih dibuka hingga 6 April 2020 lalu. Adapun rekrutmen ini terbuka bagi para lulusan SMA/sederajat, khusus untuk Tamtama dan Taruna. Sedangkan Bintara minimal SMA atau, D3, atau D4/S1.

  1. Daftar ke PTS

Jalur selanjutnya yang bisa kamu jadikan alternatif selain PTN adalah mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Swasta. Meski impian untuk masuk perguruan Tinggi Negeri harus kandas, masuk PTS juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk meraih kesuksesan. Di Indonesia sendiri banyak PTS yang memiliki kualitas bagus yang juga tak kalah bahkan hampir sejajar dengan PTN. Kamu bisa mengembangkan potensi yang kamu miliki dengan mengambil jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Itulah 4 alternatif pendidikan setelah SMA selain PTN yang bisa Sobat Phi pilih. Jika berminat untuk mengikuti salah satunya, persiapkan diri sejak dini.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
96-Ribu-Calon-Mahasiswa-Lulus-SNMPTN-2020
96 Ribu Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN 2020

Begini-Cara-Cek-Pengumuman-SNMPTN-2020
Begini Cara Cek Pengumuman SNMPTN 2020

SMKN-1-Kawali-Ciamis-Ciptakan-APD-Face-Shield-bagi-Tenaga-Medis
SMKN 1 Kawali Ciamis Ciptakan APD “Face Shield” bagi Tenaga Medis

Close