Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

10 Manfaat Olahraga Panahan Baik Untuk Melatih Koordinasi, Kesabaran dan Kesehatan Mental, panahan adalah kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah.

Dalam olahraga panahan, diperlukan beberapa peralatan antara lain, busur, panah, pelindung jari, pelindung lengan, alat pembidik, alat peredam getaran, kantong panah, teropong, dan bantalan.

Baca Yuk :

10 Manfaat Olahraga Panahan Baik Untuk Melatih Koordinasi, Kesabaran dan Kesehatan Mental

Penguasaan teknik memanah yang tepat dan benar akan memungkinkan konsistensi gerakan memanah baik dalam latihan maupun kompetisi.

Sebelum belajar teknik memanah, pemanah pemula terlebih dulu harus menguasai dua metode pemasangan tali, yaitu :

  1. Metode dorong tarik, dan
  2. Metode tindak langkah.

Cara memasang tali yang benar sangat penting agar busur tidak patah dan nocking point berada pada posisi yang benar.

Teknik memanah bagi pemula pada dasarnya ada sembilan, yaitu:

  1. Cara berdiri (stance),
  2. Memasang ekor panah (nocking),
  3. Posisi setengah tarikan (set-up),
  4. Menarik tali (drawing),
  5. Penjangkaran (anchoring),
  6. Menahan sikap memanah (holding),
  7. Membidik (aiming),
  8. Melepaskan anak panah (release),
  9. Gerak lanjut (follow through).

Secara lebih komprehensif, terdapat dua belas teknik dalam panahan, yaitu:

  1. Stance,
  2. Nocking The Arrow,
  3. Hooking And Gripping Bow,
  4. Mindset,
  5. Set-Up,
  6. Drawing,
  7. Anchoring,
  8. Loading/Transfer To Holding,
  9. Aiming And Expansion,
  10. Release,
  11. Follow-Through, Dan
  12. Feed Back.

Panahan adalah olahraga yang menantang skill Anda dalam menggunakan busur untuk menembakkan anak panah. Dahulu, keterampilan ini paling banyak digunakan oleh pemanah maupun prajurit yang bertempur di medan perang, tapi sekarang lebih banyak dijadikan hobi.

 

Anda mungkin akan kebingungan saat pertama kali ingin menjajal olahraga panahan. Sebelum mencoba olahraga ini sebagai hobi, beberapa alat dasar yang bisa Anda persiapkan adalah:

  • Busur panah

Ada 3 kategori busur panah yang digunakan dalam olahraga panahan, yakni recurve, compound, dan longbow. Pemula biasanya dianjurkan menggunakan busur recurve karena paling mudah untuk digunakan dan dipelajari.

  • Target

adalah sasaran tembak Anda saat memanah. Target berbentuk bulat dengan lingkaran berlapis berwarna kuning, merah, biru, hitam, dan putih.

  • Anak panah

Anak panah bisa terbuat dari kayu, aluminium, karbon, atau kombinasinya. Apapun bahan yang Ada pilih, pastikan panjangnya pas untuk meminimalisir terjadinya cedera atau tembakan meleset yang merusak busur panah.

Dalam agama Islam, Jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan.

Olahraga Panahan, tidak hanya mengasyikan, ternyata olahraga panahan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaatnya adalah:

  1. Melatih Koordinasi
    Koordinasi paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan. Olahraga panahan melatih tangan untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan panah berdasarkan apa yang mata lihat.
  2. Mengelola emosi
    Fokus saat memanah, artinya emosi juga harus diatur. Pemanah harus tetap tenang dan akurat dalam tekanan agar konsentrasi, napas, dan ketegangan tidak mengambil alih. Bahkan, orang yang hobi memanah mengakui bahwa aktivitas ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa. Artinya, fokus benar-benar tercurah dan menjadi ajang seseorang untuk bermeditasi.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
    Menguasai target saat panahan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Tentu berbeda dengan besar kepala, karena saat memanah hanya diri sendiri yang tahu betul goal yang harus dicapai dan teknik mencapainya.
  4. Menghilangkan stress
    Memanah juga dipercaya mampu menghilangkan stres. Memanah dapat dijadikan sarana untuk bersenang-senang dan melepas penat. Saat membidik target bisa juga menganggapnya sebagai masalah yang ingin dihancurkan.
  5. Mengurangi perilaku kompulsif
    Manfaat secara psikis lainnya, olahraga ini dapat membantu mengurangi pemikirian kompulsif, yaitu tindakan tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan dari obsesi yang muncul.
  6. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
    Olahraga ini juga dapat membantu kita untuk bersosialisasi. Orang dari segala usia dapat menikmati olahraga ini. Bersosialisasi berpengaruh baik untuk kesehatan mental.
  7. Membuat tubuh lebih rileks
    Melepaskan anak panah, melihatnya terbang menuju target, dan mengenai sasaran, ternyata bisa merilis kepenatan yang sedang dirasakan.
  8. Meningkatkan Kemampuan Sosial
    Panahan bisa jadi kegiatan sosial bersama orang-orang lain, dan juga bisa menjadi olahraga tim. Saling mendukung satu sama lain adalah hal penting agar tim bisa berkembang.
  9. Menguatkan tubuh bagian atas
    Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.
  10. Menyehatkan jantung
    Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat ini bahkan selama latihan, karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

Danika Yarosh, seorang aktris asal Amerika Serikat yang menggeluti olahraga panahan, mengatakan bahwa panahan bisa menenangkan dan menghilangkan stres. Melepaskan panah, melihat busur terbang, dan mendengarnya sampai di bulatan target dinilai Yarosh dapat membantu menghilangkan stres.

Referensi:

  • https://www.klikdokter.com
  • https://www.halodoc.com
  • https://hot.liputan6.com
  • http://grahailmu.id
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,