xTips Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa Di Tahun 2021. Apabila soatphi pernah gagal dalam meraih pekerjaan, sekolah atau beasiswa. Maka kalian bisa melakukannya kembali di awal 2021. Setiap orang pernah mengalami kegagalan. Sangat wajar bila sobatphi sedih dan kecewa saat melihat hasil perjuangan yang pernah dijalankan, ternyata tak berbuah manis.

Tips Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa Di Tahun 2021

Pastinya, apabila sobatphi gagal, maka akan alami emosi sesaat. Merangkum laman Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Sabtu (2/1/2021) menyebutkan bila sobatphi masih menaruh harapan pada cita-cita pekerjaan, sekolah atau beasiswa yang diidamkan. Maka, sebaiknya sobatphi bangkit dan bisa mencobanya kembali. Mungkin keberuntungan ada ditangan sobatphi di awal tahun ini.



Pandemi Covid-19 yang merebak di tahun 2020 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Ada pula yang kariernya menjadi ‘mandek’ atau pendapatannya berkurang. Situasi tersebut membuat beberapa orang, dan mungkin termasuk Anda, berharap memiliki pekerjaan baru di 2021.

Sehingga memperoleh cita-cita yang diinginkan. Setidaknya ada 4 cara, agar sobatphi bisa meraih pekerjaan, sekolah, dan beasiswa yang diinginkan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di luar maupun dalam negeri. Mari simak penjelasannya seperti di bawah ini.

1. Evaluasi lagi dokumen persyaratan

Sering kali syarat-syarat dokumen administratif, Curriculum Vitae (CV), hingga Motivation Letter dianggap perkara sepele. Padahal kelengkapan dan kesempurnaan kualifikasi diri yang diwujudkan dalam tulisan adalah pembuka kesempatan untuk menapaki jenjang seleksi selanjutnya. Apabila merasa kurang, kalian bisa mencoba mencari mentor atau kenalan yang sudah berhasil sebelumnya, demi meninjau ulang substansi tulisan kalian.

2. Harus jaga motivasi diri

Sobatphi jangan merasa minder, karena mengalami penolakan dari berbagai pekerjaan, sekolah atau beasiswa. Penolakan bukan hanya terjadi pada sobatphi, tapi semua orang. Apabila terjadi penolakan, sobatphi bisa menuliskan motivasi apa saja yang akan menjaga tekad untuk kembali berjuang. Motivasi itu bisa seperti ingin membahagiakan keluarga, mengubah nasib, bermanfaat untuk masyarakat, hingga ingin segera membina rumah tangga.

3. Evaluasi kemampuan wawancara

Proses wawancara adalah proses validasi kesesuaian antara apa yang tertulis dalam dokumen dengan keadaan sobatphi sebenarnya. Tidak hanya soal substansi, tapi juga pembawaan hingga cara menjawab pertanyaan juga akan dinilai, apakah sobatphi layak dan dapat meyakinkan pewawancara.

4. Bersiap mencoba kembali

Poin terakhir sangat penting, yakni sobatphi mencoba kembali. sobatphi harus ingat, persiapan sematang apapun tidak bisa diwujudkan, apabila tidak dicoba kembali. Jadi, sobatphi harus ikuti empat langkah di atas. Semoga keinginan sobatphi terwujud, apabila pernah gagal memperoleh pekerjaan, sekolah, atau beasiswa yang diinginkan pada di tahun 2020.



Ingatlah, meluangkan waktu untuk memperbaiki mental bukan berarti menunjukkan kelemahan Anda, melainkan sebagai pertanda kekuatan. Jangan hanya memikirkan kesalahan atau menyalahkan diri sendiri. Menerima keadaan akan sangat membantu untuk memiliki sikap percaya diri dan positif ketika wawancara kerja.

Jangan pernah patah semangat, kegagalan merupakan awal dari kesuksesan

Tips Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa Di Tahun 2021

 

Read previous post:
BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair Bulan Januari 2021

klaim-token-listrik-pln
Stimulus PLN 2021 Klaim Token Listrik Gratis PLN

Hari Introvert Sedunia Januari 2021
Hari Introvert Sedunia Januari 2021

Close