Tips Cara Lolos Masuk Perguruan Tinggi Favorit. Kamu juga pasti tahu kalau persaingan masuk perguruan tinggi favorit negeri sangatlah ketat. Satu orang bisa jadi harus bersaing dengan dua puluh orang lainnya untuk bisa meraih bangku perguruan tinggi favorit. Namun kamu tak perlu khawatir, jika kamu salah seorang yang sedang berjuang mendapatkan bangku tersebut, cobalah 5 tips berikut agara peluang lolos perguruan tinggi negeri semakin besar.

Tips Cara Lolos Masuk Perguruan Tinggi Favorit

1. Tentukan Jurusan Kuliahmu dari Jauh-Jauh Hari



Tentukan pilihan jurusan kuliahmu jauh jauh hari. Oleh karena itu, semenjak awal mulai SMA, sebaiknya kamu sudah mulai menentukan program studi apa yang akan diambil di perguruan tinggi nanti. Sehingga pikiran kamu sudah terfokus untuk mengincar jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri favorit yang diinginkan. Saat pikiran sudah terfokus, tentunya persiapan akan semakin matang untuk lebih dalam mempelajari bagaimana memasuki sebuah perguruan tinggi negeri yang kamu idam-idamkan. Bisa juga kamu ikut tes psikologi untuk lebih mengetahui dan mengembangkan minat dan bakatmu agar lebih membantu dalam mencapai jurusan kuliah yang diinginkan

2. Kembangkan Kemampuan Diri

Kamu harus terus mengembangkan kemampuan diri demi peluang yang lebih besar memasuki perguruan tinggi favorit. Kamu bisa coba mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang memang sudah dirancang khusus untuk menargetkan universitas tertentu. Di zaman sekarang sudah banyak sekali bimbel yang fokus seperti ini.

3. Rencanakan Ikut Tes Masuk PTN

Saat ini, ada 3 buah jalur yang bisa dicoba yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur mandiri. Pilihlah jalur yang sesuai dengan kemampuan diri. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan, sehingga ketika tidak diterima di salah satu jalur, kamu sudah siap untuk menjalani proses di jalur penerimaan lainnya.

4. Ikuti Terus Informasi Terkini

Jangan sampai kamu yang masih duduk di bangku SMA ketinggalan informasi dan tidak tahu kondisi terkini untuk lulus perguruan tinggi favorit. Jalur masuk bisa berubah-ubah dari tahun ke tahun. Jenis soal tes bisa bervariasi dari tahun-ke tahun. Informasi mengenai pelaksanaan tes juga cukup penting, sehingga kamu harus tetap fokus mencermati informasi sehingga tidak ketinggalan kereta saat teman-teman lain sudah fokus mengikuti proses seleksi.



5. Jangan Menyerah Ketika Gagal

Dengan persaingan yang begitu ketat dan waktu persiapan yang singkat, tentunya banyak orang yang tersisihkan saat pertama kali mencoba untuk lulus perguruan tinggi favorit yang diidam-idamkannya. Namun ketika gagal, jangan menyerah. Cukup banyak pula orang yang mengambil jeda satu tahun untuk lebih banyak belajar dan mempersiapkan diri sehingga mendapatkan hasil tes yang lebih baik di tahun berikutnya. Jangan lupa niatkan untuk mengasah diri lebih baik lagi dan untuk membahagiakan kedua orang tua atau keluarga sehingga jalan meraih perguruan tinggi negeri favorit semakin terang.

5 Tips Ampuh Lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Read previous post:
kiat-mendapatkan-investor-Bagi-Usaha-Startup
Kiat Mendapatkan Investor Bagi Usaha Startup

Close