Tips Cara Diterima Masuk Kerja. Dunia kerja adalah tempat di mana seseorang akan berkarier setelah bersusah payah menempuh bangku pendidikan selama belasan tahun. Namun, memiliki pekerjaan yang layak tampaknya sangat sulit pada era modern seperti sekarang. Mengingat kualifikasi perusahaan semakin tinggi disertai dengan tingkat persaingan yang semakin ketat.

Tips Cara Diterima Masuk Kerja

Mau gampang diterima masuk kerja di satu perusahaan? Nah, penting buat kamu untuk tahu cara melamar kerja yang dapat membuat orang HRD terkesan.



1. Pastikan Bidang Pekerjaan Yang Kamu Pilih Adalah Sama Dengan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Jika kamu memilih untuk melamar pekerjaan pada bidang yang sama dengan posisi kamu saat ini, maka pihak HRD akan melihatnya sebagai satu nilai plus. Dengan demikian, perekrut bisa yakin, kamu kandidat yang menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidang tersebut. Bagaimana jika kamu seorang fresh graduates, dan belum memiliki pengalaman kerja? Jangan khawatir, kamu bisa membuat blog, dan tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio. Cara ini akan menjadi kekuatan tersendiri untukmu di mata HRD.

2. Kuasai Konsep dan Istilah Khusus Pada Bidang Pekerjaan Yang Kamu Pilih

Pakai istilah-istilah teknis yang biasa digunakan dalam bidangmu. Misalnya, kamu melamar untuk posisi Product Manager. Maka, kamu bisa sertakan Scrum, atau Agile dalam cover letter maupun mendiskusikannya saat wawancara kerja. Jika kamu mengincar posisi pada divisi Digital Marketing, pastikan kamu menjabarkan campaign yang pernah kamu implementasikan di pekerjaan terdahulu, pada setiap channel media sosial. Dengan begitu, perekrut bisa yakin bahwa kamu memang layak mendapatkan posisi di perusahaan yang dilamar.

3. Jujurlah Soal Gaji Kamu Sebelumnya

Mengenai besaran gaji ini biasanya membuat kamu dilema. Namun percayalah, kejujuran adalah hal terbaik. Hindari berbohong soal gajimu saat ini. Hati-hati, karena HRD memiliki jaringan yang luas. Jika perekrut ternyata mengetahui kamu berbohong, maka hal ini dapat berisiko membuat proses rekrutmenmu di kemudan hari akan menghadapi masalah.



4. Pasanglah Foto Dengan Kesan Profesional Pada CV Lamaran

Jika kamu memang menyertakan foto dalam CV, pastikan fotomu nampak profesional. Hindari menggunakan berbagai efek demi membuat wajah lebih cantik, atau lebih tampan di foto. Karena hal tersebut justru akan membuat fotomu nampak tidak profesional, dan akhirnya membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrutmu. Ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer atau kemeja saat membuat pasfoto. Ini menjadi akan nilai plus di mata HRD.

5. Jangan Terlalu Sering Ganti Perusahaan/Pekerjaan

Meski saat ini job hopping atau berganti-ganti pekerjaan nampak umum, HRD ternyata memperhatikan hal ini. Begitu juga dengan jangka waktumu bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika kamu bekerja dalam waktu yang cukup lama di suatu perusahaan, maka HRD bisa melihat loyalitasmu dalam posisi tertentu. Ini pun menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrutmu.



6. Buatlah Portofolio Kerja Yang Mengesankan

Melalui portofolio yang bagus dan menarik, secara tidak langsung kamu memberitahu perusahaan bahwa kamu memiliki pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini cara terbaru untuk menunjukan portofolio yang efektif adalah dengan cara membuat portofolio melalui situs. Cantumkan semua hasil proyek yang telah kamu lakukan dan testimoni dari orang yang telah memakai jasamu tersebut. Dengan begitu, HRD akan terkesan kepadamu.

Read previous post:
Cara-Lolos-Masuk-Perguruan-Tinggi-Favorit
Tips Cara Lolos Masuk Perguruan Tinggi Favorit

Close