Syarat Mencairkan Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu. Login dtks.kemensos.go.id untuk cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial. Setelah Anda cek dengan login dtks.kemensos.go.id dan dinyatakan menerima bansos tunai Rp 300 ribu, segera cairkan dana bantuan sosial tunai (BST) Anda.

Syarat Mencairkan Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu

Untuk syarat mencairkan dana bansos tunai Rp 300 ribu atau BST, dapat disimak dalam berita berikut ini. Seperti yang telah diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyalurkan bansos tunai Rp 300 ribu kepada masyarakat pada Senin (4/1/2021) lalu.



Selain bansos tunai Rp 300 ribu, pemerintah juga menyalurkan dua bansos lainnya, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan program sembako.

Nantinya, ketiga bansos yang telah disalurkan oleh pemerintah akan diterima kepada 38,8 juta orang. Untuk bansos tunai, para penerima akan menerima uang Rp 300 ribu setiap bulan selama empat bulan, dari Januari hingga April 2021.

Untuk wilayah wilayah DKI Jakarta, bansos tunai Rp 300 ribu akan dicairkan 8 hari lagi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyusun cara distribusi kartu ATM yang digunakan untuk menarik bansos tunai Rp 300 ribu.

Bahkan, kartu ATM Bank DKI yang akan digunakan untuk penarikan dana bansos tunai Rp 300 ribu, sebagian besar sudah tercetak. “Sudah selesai kartunya dicetak, kemampuan kami mencetak kartu juga cukup baik,” ucap Ariza, dikutip dari Kompas.com.

Nantinya kartu-kartu ATM tersebut akan dibagikan dengan memanfaatkan bangunan sekolah-sekolah terdekat untuk warga yang terdata sebagai penerima BST.

Pasalnya kartu bank tidak boleh dititipkan ke ketua RT atau RW setempat dan harus langsung dari pihak bank dan penerima bansos. “Jadi harus ketemu langsung (dengan pihak bank),” ujar dia.



Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu

Untuk megecek nama penerima bansos tunai Rp 300 ribu, masyarakat dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Login dtks.kemensos.go.id atau klik di sini
  2. Pilih ID Kepesertaan DTKS
  3. Ketik nomor kepesertaan ID dalam DTKS
  4. Masukkan nama sesuai ID dan captcha
  5. Kemudian klik ‘Cari’
  6. Setelah itu, akan muncul pada layar apakah Anda menerima bansos tunai atau tidak.

Setelah dinyatakan sebagai penerima bansos tunai Rp 300 ribu, masyarakat diminta untuk segera mencairkan dana BST tersebut ke Kantor Pos.

Nantinya, masyarakat akan menerima surat undangan dari Ketua RT yang wajib dibawa ke Kantor Pos. Undangan tersebut berisi barcode serta informasi dasar penerima bantuan. Kantor Pos sendiri memiliki jadwal untuk pencairan bansos tunai, guna menghindari kerumunan.

Maka dari itu, masyarakat diminta untuk datang pada waktu yang telah ditetapkan. Ketika tiba di Kantor Pos, masyarakat wajib membawa undangan tersebut beserta KTP atau Kartu Keluarga (KK). Setelah menunjukkan undangan dan KTP atau KK, petugas akan melakukan scanning barcode pada surat undangan.

Saat sudah selesai, masyarakat akan langsung menerima bansos tunai Rp 300 ribu. Untuk diketahui, saat mencairkan dana bansos tunai Rp 300 ribu ini tidak dikenakan potongan apapun.

Syarat Mencairkan Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu

Sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/08/login-dtkskemensosgoid-cek-penerima-bansos-tunai-rp-300-ribu-ini-syarat-mencairkan-bst

Read previous post:
bantuan-langsung-tunai-blt
Bansos Tunai Cair, Cek Rekening

pembatasan-psbb-jawa-bali
Kegiatan Yang Dibatasi di PSBB 11 Januari hingga 25 Januari 2021

Pendidikan dan Remaja sesuai dengan kemampuan mereka
Pendidikan dan Remaja sesuai dengan kemampuan mereka

Close