Syarat Bagi Guru Honorer Daftar PPPK 2021. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka kesempatan bagi para guru honorer untuk mendaftar dan mengikuti ujian sebagai guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Syarat Bagi Guru Honorer Daftar PPPK 2021

Seleksi PPPK 2021 ini nantinya dibuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).



Melalui tes PPPK ini pemerintah ingin meningkatkan mutu guru honorer agar sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam undang-undang pendidikan ditengah keterbatasan APBN, bisa dibilang PPPK Non CPNS tetapi memiliki kontrak dengan pemerintah Pusat.

Menurut Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, pemerintah akan menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai prioritas nasional.

“Meskipun tugas pengajaran adalah tugas seluruh anggota masyarakat, tapi guru memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul. Untuk itu diperlukan pendidik yang memiliki kompetensi yang tinggi dan yang tidak boleh dilupakan, jumlahnya harus memadai,” kata Wakil Presiden Senin, 23 November 2020.

Perlu diketahui guru PPPK adalah guru bukan PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas mengajar.

Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik melalui peningkatan ketersediaan guru ASN dengan melakukan seleksi guru PPPK.



Guru yang akan mengikuti PPPK 2021 perlu memenuhi syarat pendaftaran. Berikut referensi syarat PPPK tahun 2019 yang bisa Anda ketahui.

  1. Guru maksimal berusia 59 tahun (per 1 April)
  2. Pendidikan terakhir guru minimal Strata 1 (S1) atau Diploma IV (D4) dengan program studi atau jurusan yang relevan sesuai mata pelajaran di kurikulum
  3. Menandatangani Surat Pernyataan kesediaan untuk ditempatkan di Sekolah Negeri Kabupaten, Sekolah Negeri Kota, atau Sekolah Negeri Provinsi sesuai lokasi tempat mengajar dan berdasarkan kebutuhan guru tahun 2021
  4. Aktif dalam kegiatan mengajar sampai pendaftaran PPPK dibuka (dibuktikan dengan Surat Tugas dari Kepala Sekolah atau Kepala Dinas). Pada Surat Keterangan dicantumkan informasi NUPTK atau NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, mata pelakaran, dan kabupaten/ kota/ provinsi.

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan, Anda bisa melakukan pendaftratan PPPK 2021 dengan alur sebagai berikut.

  1. Buat akun pribadi melalui website sscasn.bkn.go.id
  2. Pilih menu PPPK atau bisa juga langsung akses laman ssp3k.bkn.go.id
  3. Melakukan registrasi
  4. Pengisian data pribadi
  5. Mencetak Kartu Informasi Akun PPPK yang akan muncul setelah seluruh data terisi
  6. Jika seluruh data sudah terisi dan kartu informasi sudah dicetak, bisa langsung login di laman SSP3K dengan NIK dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya
  7. Login dengan nama akun Anda, selanjutnya mengisi data dan dokumen tambahan
  8. Mencetak Kartu Pendaftaran PPPK
  9. Menunggu validasi dari tim untuk memeriksa kelengkapan berkas yang sudah diunggah oleh pendaftar
  10. Apabila dinyatakan lolos seleksi berkas atau administrasi, maka Anda akan memperoleh kartu ujian untuk mengikuti ujian seleksi PPPK.

Syarat Bagi Guru Honorer Daftar PPPK 2021

Program seleksi bagi guru honorer atau non-PNS untuk diangkat menjadi PPPK ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pengaturan lebih rinci diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Sumber : https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361244012/hore-kesempatan-bagi-guru-honorer-ikuti-pppk-2021-berikut-syarat-dan-cara-daftarnya

Read previous post:
JADWAL SKD CPNS
Kemendikbud Putuskan Nasib Guru Pada Seleksi CPNS 2021

BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
Cek Alasan BLT BPJS Ketenagakerjaan Gagal Cair

Pesawat Sriwijaya Air
Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Close