Perbedaan Telegram dan WhatsApp. Aplikasi WhatsApp dan Telegram sama-sama bisa digunakan untuk chating, video call, telepon dan keperluan lainnya. Meski WA tentu saja lebih marak. Namun, ada beberapa perbedaan, lho.

Perbedaan Telegram dan WhatsApp

Saat ini, Sobat Phi pasti setuju bahwa aplikasi chatting bahkan dianggap sebagai kebutuhan. Komunikasi dalam jarak dekat ataupun jauh menjadi mudah berkatnya. WhatsApp dan Telegram, menjadi dua aplikasi popular akhir-akhir ini. Keduanya menawarkan layanan perpesanan baik secara pribadi maupun kelompok.

Namun, pada kenyataanya WhatsApp boleh dibilang mengungguli Telegram jika dilihat dari peggunanya. Padahal, Telegram sendiri juga sebenarnya menawarkan fitur yang tak kalah dari WhatsApp. Untuk lebih jelasnya, inilah 5 perbedaan WhatsApp dan Telegram seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Akses

WhatsApp bisa diakses melalui web dengan syarat perangkat seluler terhubung dengan jaringan atau Wi-Fi. Telegram pun juga bisa diakses lewat PC tanpa dukungan Wi-Fi atau jaringan dari perangkat seluler.

  1. Ukuran file

File gambar, audio, video bisa dibagikan WhatsApp dengan ukuran maksimal 100MB. Sedangkan, Telegram mampu mengirimkan berbagai jenis file sampai ukuran 1.5GB.

  1. Anggota grup

Anggota grup WhatsApp dibatasi maksimal 250 orang. Sementara sebuah grup Telegram bisa diisi sampai 10 ribu orang.

  1. Penyimpanan

WhatsApp menggunakan memori internal perangkat seluler baik saat memuat percakapan ata berkirim terima file. Sementara Telegram menyimpan semua input melalui Cloud, jadi tak menguras memori perangkat seluler.

  1. Keamanan

WhatsApp sejatinya telah dibekali enkripsi end to end sebagai jaminan privasi. Di sisi lain, Telegram juga dibekali fitur secret chat yang konon lebih ketat keamanannya.

Bagaimana, Sobat Phi pilih WhatsApp atau Telegram? Apapun pilihanmu, pastikan untuk menggunakannya dalam kegiatan yang positif, ya!

Perbedaan Telegram dan WhatsApp

Sumber : //sumber: https://nextren.grid.id/read/0129007/5-perbedaan-aplikasi-telegram-dan-whatsapp-ini-wajib-kamu-ketahui?page=all

Read previous post:
program-indonesia-pintar
Cara Mendapatkan Bantuan PIP Rp 1 Juta Dari Kemendikbud

Close