Pendaftaran CPNS 2021 Ini Berkas yang Harus Disiapkan, Akses sscn.bkn.go.id. Pemerintah akan segera membuka lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Untuk diketahui, penerimaan CPNS sempat terhenti tahun 2020 imbas adanya pandemi Covid-19. Pemerintah membuka peluang untuk melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2021 mendatang. Hal ini mengingat pada tahun ini tidak dibuka proses lowongan untuk menjadi abdi negara tersebut.

Pendaftaran CPNS 2021 Ini Berkas yang Harus Disiapkan, Akses sscn.bkn.go.id

Anda disarankan menyiapkan diri dengan menyiapkan dokumen-dokumen pendaftarannya sejak sekarang, serta penguasaan terhadap materi soal-soal yang akan diujikan. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPANRB, Andi Rahadian, mengatakan pendaftaran CPNS formasi tahun 2021 akan dibuka pada April-Mei 2021.



“Untuk proses pendaftaran rekrutmen ASN formasi tahun 2021, diperkirakan akan dimulai pada bulan April-Mei 2021,” kata Andi Rahadian saat dihubungi Tribunnews. Andi menjelaskan, untuk formasi yang diprioritaskan dibuka masih sama seperti tahun 2020.

Berikut adalah cara daftar CPNS 2021 yang akan dibuka pada April 2021. Beberapa syarat harus disiapkan peserta CPNS 2021. Untuk mengetahui berkas apa saja yang harus disiapkan, akses sscn.bkn.go.id.

Formasi yang di prioritaskan untuk CPNS 2021

Yakni, Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, serta Tenaga Teknis yang mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah. Namun, dengan catatan, untuk Tenaga Teknis bukan tenaga administrasi yang dibutuhkan. Terkait jumlah formasi yang dibuka, kata Andi, hal itu tergantung kebutuhan masing-masing instansi.

Berdasarkan draf progres usulan formasi ASN dan rencana rekrutmen tahun 2021 yang diterima, awalnya perpanjangan usulan formasi tahun 2021 yang rencananya Maret 2021, diperpanjang hingga akhir Mei.

Kemudian, diperpanjang lagi hingga akhir Agustus 2021. Total usulan formasi yang masuk untuk instansi pusat sebanyak 113.172 dan pemerintah daerah 438.170.

Khusus untuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPPK) jabatan Guru, sesuai kesepakatan beberapa menteri. Yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan melakukan rekrutmen mulai 2021, dengan jumlah 1 juta formasi.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, khusus pengajuan usulan untuk formasi Guru PPPK akan diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2021.

Hal ini karena, hingga akhir Agustus 2021, baru 174.077 formasi Guru PPPK yang telah diusulkan oleh pemda (32 Provinsi, 370 Kabupaten, dan 89 Kota). Khusus untuk seleksi Guru PPPK, rencananya akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu tahun 2021.

Ihwal pembukaan CPNS 2021 sebelumnya, juga sudah dikemukakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi pada bulan Agustus lalu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan formasi CPNS 2021 akan lebih banyak jumlahnya.

“Penerimaan CPNS 2021 merupakan hal yang sangat penting di masa krisis kesehatan seperti saat ini,” sebut Tjahjo Kumolo.

Beberapa formasi CPNS yang akan dibuka di seleksi tahun 2021adalah posisi perawat, bidan, dokter umum, dokter spesialis, penyuluh pertanian, penyuluh perairan, dan lain-lain.

Sebagai perbandingan, total formasi penerimaan CPNS tahun 2019 lalu mengacu pada data Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 152.286.

“Nanti di seleksi CPNS tahun 2021 itu lowongan juga terbatas sesuai dengan kebutuhan, sebab sudah mulai banyak dari kementerian-kementerian yang tidak menambah pegawai lagi,” ujar Shina EK, Pendiri dan CMO BisaCPNS.com, perusahaan penyedia layanan latihan soal-soal ujian CPNS, di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Hal ini mengindikasikan persaingan yang sangat ketat untuk menjadi abdi negara.

Karena itu, Shina mengingatkan agar para peserta wajib mempersiapkan diri sedini dan sebaik mungkin dengan menghimpun banyak ilmu.



“Caranya adalah dengan mengerjakan banyak soal, sekaligus berlatih,” kata dia.

Dia menyebutkan, selama ini memang kebiasaan calon peserta seleksi CPNS menggunakan buku-buku kumpulan latihan tes CPNS.

Namun, ada pilihan lainnya dengan menggunakan materi soal latihan via online di BisaCPNS.com.

Pendaftaran CPNS 2021 Ini Berkas yang Harus Disiapkan, Akses sscn.bkn.go.id

Sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2020/12/27/rekrutmen-cpns-2021-dibuka-bulan-april-ini-berkas-yang-harus-disiapkan-akses-sscnbkngoid

Read previous post:
blt-umkm
Daftar BLT Selama Pandemi Covid-19

Program Insentif Kartu Prakerja
Program Insentif Kartu Prakerja Bakal Cair Lagi 5 Januari 2021

Sinopsis Drama Korea
Sinopsis Drama Korea Lovestruck in the City, Kisah Cinta ala Dokumenter

Close