Pelantikan Presiden Amerika. Pelantikan Presiden Amerika dan wakil presiden teripilih yaitu Biden dan Kamala Harris masih direncanakan untuk dilantik di luar gedung pada 20 Januari atau dua pekan setelah tempat itu menjadi lokasi serangan mematikan oleh pendukung radikal Presiden Donald Trump yang menentang hasil pilpres. Para penjabat keamanan bertekad untuk mencegah terulangnya pendobrakan yang terjadi pada 6 Januari lalu – ketika ribuan pendukung pro-Trump memasuki kompleks tempat anggota Kongres memberikan suara untuk mengesahkan hasil pemilihan umum.

Pelantikan Presiden Amerika

Chad Wolf, Pelaksana Tugas Kepala Departemen Keamanan Dalam Negeri, mengatakan pada hari Senin bahwa dia telah menginstruksikan Pasukan Pengamanan Presiden untuk memulai operasi khusus menjelang Pelantikan Presiden Amerika pada Rabu mendatang – atau enam hari lebih awal – Para pejabat mengatakan akan menugaskan hingga 15.000 personel Garda Nasional untuk mengamankan acara Pelantikan Presiden Amerika terpilih.



Unggahan-unggahan di jaringan online pro-Trump dan sayap ekstrem kanan menyerukan aksi protes pasa sejumlah tanggal, termasuk demonstrasi bersenjata di kota-kota di seluruh AS pada 17 Januari, serta sebuah pawai di Washington DC pada hari pelantikan.

Sebuah buletin internal FBI, yang dilaporkan oleh ABC News dan media-media lainnya, memuat peringatan bahwa sebuah kelompok menyerukan “penyerbuan” ke gedung-gedung DPR tingkat negara bagian serta pengadilan lokal dan federal di seluruh negara itu jika Trump dicopot dari jabatannya lebih awal. Jika dia tidak dicopot, maka “penyerbuan” dilaksanakan pada hari pelantikan Joe Biden.

Pelantikan Presiden Amerika

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengonfirmasi pada hari Senin (11/01) bahwa mereka akan memulai operasi National Special Security Event (NSSE) untuk acara Pelantikan Presiden Amerika enam hari lebih awal, mulai Rabu (13/01). Penetapan tersebut memungkinkan berbagai lembaga keamanan dan penegak hukum untuk berkoordinasidalam tindakan perlindungan khusus, seperti menerapkan penutupan jalan dan penetapan perimeter keamanan.



Pengumuman tersebut mengemuka setelah Wali Kota Washington DC, Bowser, mengumumkan permohonan untuk meningkatkan keamanan setelah kejadian yang ia gambarkan sebagai “serangan teroris yang belum pernah terjadi sebelumnya” di Gedung Capitol pekan lalu itu.

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55627882

Read previous post:
snmptn
Begini Cara Cermati Data Kuota Siswa Eligible di SNMPTN 2021

Close