Mensos Risma Sebut 3 Jenis Bansos BLT 2021 Hanya Diberikan Kepada Golongan Ini. Mensos Risma kembali memberikan tiga jenis Bansos dalam bentuk tunai (BLT) yang mulai disalurkan 4 Januari 2021, namun hanya untuk masyarakat golongan berikut ini. Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan rincian tiga program bantuan sosial yang diberikan Kemensos.

Mensos Risma Sebut 3 Jenis Bansos BLT 2021 Hanya Diberikan Kepada Golongan Ini

Menurutnya pada 2021, sesuai dengan alokasi anggaran dari APBN 2021, sektor perlindungan sosial mendapat anggaran senilai Rp408,8 triliun akan dibagi menjadi beberapa sektor.



Kementerian Sosial merinci tiga program bantuan sosial tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bansos PKH

Bansos PKH bagi 10 juta keluarga akan disalurkan setiap 3 bulan sekali sepanjang 2021 yaitu pada Januari, April, Juni dan Oktober. Pada Januari 2021 akan disalurkan sebesar Rp7,17 triliun.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

2. Kartu Sembako atau Bansos BNPT Rp200 Ribu

Dengan target pertama 18,8 juta keluarga dan anggaran Rp45,12 triliun untuk Kartu Sembako atau Bansos BNPT Rp200 Ribu.

Bansos yang tadinya berbentuk sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek itu menurut diubah menjadi bantuan tunai dan Bansos BNPT ini akan diberikan per bulan untuk masa Januari sampai dengan Desember 2021.

3. Bansos Tunai BST Rp300 Ribu

Sementara Bansos Tunai untuk 10 juta keluarga akan disalurkan sejumlah Rp3 triliun pada Januari 2021 sehingga keseluruhan anggaran yang disalurkan Januari adalah sebesar Rp13,93 triliun.

Selanjutnya Bansos Tunai senilai Rp300 ribu per bulan per keluarga yang diberikan kepada mereka di luar penerima PKH dan Kartu Sembako untuk dimanfaatkan pembelian kebutuhan pokok dan makanan seperti beras, jagung, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan keperluan lain yang bermanfaat dalam menghadapi COVID-19 yang seluruhnya akan disalurkan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Mensos Risma mengatakan, penyaluran semua jenis Bansos BLT 2021 akan bekerjasama dengan PT POS Indonesia untuk meminimalisir penyelewengan dana bantuan.



“Peluncuran bantuan tersebut, untuk PKH dan Kartu Sembako dilakukan oleh bank milik negara yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN sedangkan bagi penerima yang sakit, lansia dan penyandang disabilitas berat, bank-bank tersebut akan mengantarkan langsung ke tempat tinggal masing-masing,” ungkap Risma.

Sementara penyaluran bansos akan dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia yang akan mengantarkan ke tempat tinggal masing-masing keluarga.

Mensos Risma Sebut 3 Jenis Bansos BLT 2021 Hanya Diberikan Kepada Golongan Ini

“Selanjutnya guna pemanfaatan yang bijak dan tepat untuk bantuan tersebut, kami memberi arahan bantuan yang akan kami sampaikan baik melalui publikasi ‘leaflet’, sosialisasi, maupun edukasi yang disampaikan oleh petugas bank atau PT Pos,” tambah Risma.

Read previous post:
Begini Kondisi Kelas Bila Sekolah Boleh Dibuka
Pemkot Bandung Tunda Sekolah Tatap Muka Januari 2021

nonton-film-netflix
Film-Film Netflix Rilis Di Januari 2021

bantuan-langsung-tunai-blt
BLT Subsidi Gaji Cair Bulan Ini

Close