Manfaat Makan Buah Alpukat. Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang popular di berbagai kalangan usia. Tak hanya karena rasanya, buah berwarna hijau ini terkenal karena kandungan gizinya. Kandungan nutrisi yang kaya dalam alpukat membuat buah ini makin digemari. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat Makan Buah Alpukat

Tidak hanya lezat, buah alpukat kaya akan nutrisi dan manfaat. Berikut manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh Anda. Alpukat salah satu buah yang popular di berbagai kalangan usia. Tak hanya karena rasanya, buah berwarna hijau ini terkenal karena kandungan gizinya.



Selain rasanya yang enak, alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan buah ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang berhasrat menurunkan berat badan.

Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya dengan dikonsumsi, manfaat alpukat bagi rambut juga bisa didapatkan melalui penggunaan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat dan menutrisi.

Inilah Tujuh Manfaat Makan Buah Alpukat :

1. Menurunkan Berat Badan

Aplukat tinggi akan serat dan lemak tak jenuh seperti yang ditemukan di minyak zaitun. Bahkan, setengah buah alpukat mengandung 10 gram lemak tak jenuh tunggal dan 5 gram serat. Seperti yang ada dalam studi Nutrition Journal, jika kamu menambahkan setengah alpukat ke dalam makan siangmu, maka akan menyimbangkan 112 kalori dan penurunan keinginan makan sebesar empat puluh persen.



2. Kamu Jadi Lebih Banyak Makan Buah dan Sayuran

Sebuah studi tahun 2013 di Nutrition Journal menetapkan bahwa orang yang teratur makan alpukat cenderung memiliki asupan sayuran, buah, serat makanan, lemah tak jenuh tunggal, vitamin E dan K yang lebih tinggi, serta konsumsi gula tambahan lebih rendah daripada yang nggak makan alpukat.

3. Bagus Untuk Jantungmu

Sebuah studi oleh para peneliti dari Departemen Ilmu Gizi Universitas Penn State mengaitkan makan satu buah alpukat setiap hari dengan menurunkan kadar LDL, yang disebut kolesterol “jahat”. Nah, oleh karena itu orang yang menjalani diet alpukat akan memiliki lebih sedikit LDL dan lebih banyak lutein yang merupakan bioaktif yang melindungi LDL agar ngak teroksidasi.

4. Mengontrol Diabetes

Dalam sebuah penelitian pada hewan dari Department of Food Science di University of Guelph di Kanada, para peneliti menemukan adanya molekul lemak pada alpukat dapat membatasi proses seluler yang dapat menyebabkan diabetes.

5. Mencegah Kanker

Di Indonesia, kanker merupakan penyakit yang memicu kematian terbesar. Mayoritas lemak yang ada di alpukat mengandung asam oleat. Asam oleat inilah dapat mengurangi proses peradangan dan memiliki efek yang menguntungkan dalam gen pada kanker. Nah, oleh karena itu manfaat makan alpukat salah satunya adalah mengatasi kanker.



6. Rambut Yang Sehat

Nggak banyak orang tahu tentang manfaat alpukat adalah memberikan kesehatan bagi rambutmu yaitu menjadikannya lebih kuat. Caranya sangat simpel, campurkan alpukat yang telah dikupas dengan jojoba oil, kemudian oleskan ke rambut yang baru dicuci. Setelah merata, tutup kepalamu menggunakan shower cap selama 15-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

7. Memperkuat Daya Ingat

Untuk para lanjut usia, manfaat makan alpukat salah satunya adalah meningkatkan fungsi kognitif. Mengonsumsi alpukat akan meningkatkan lutein pada tubuh untuk meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang.

https://www.popbela.com/lifestyle/food

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnewsmaker.com dengan judul Cara Dapat BLT PKH untuk Ibu Hamil & Balita, 3 Bulan Sekali Cair, Simak Syarat & Rinciannya!, https://newsmaker.tribunnews.com/2021/01/25/cara-dapat-blt-pkh-untuk-ibu-hamil-balita-3-bulan-sekali-cair-simak-syarat-rinciannya.

Editor: Apriantiara Rahmawati Susma

Read previous post:
blt-pkh-program-keluarga-harapan
Cara Dapat BLT PKH untuk Ibu Hamil dan Balita

Close