Karya Siswa SMK di Bulan Desember 2020. Sekolah Menengah Kejuruan adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. Di SMK terdapat banyak sekali Program Keahlian yang disediakan.

Karya Siswa SMK di Bulan Desember 2020

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.



Berikut beberapa karya-karya anak SMK di bulan Desember 2020 :

  1. Fashion Show Bermasker di Jepara Digelar Secara Virtual, Karya Siswa SMK
    Kolaborasi, kreatifitas dan inovasi menjadi kata kunci perhelatan Fashion Show Virtual Kado untuk Ibu di tengah pandemi yang digelar di aula Sultan Hadlirin, Kantor OPD Bersama Jepara, Senin (14/12/2020) malam.Dalam even yang dipersembahkan untuk ibu pada peringatan Hari Ibu ke – 92 tahun 2020 dari 20 kota di Jateng tersebut, semua peraga busana dan pengisi acara mengenakan masker.

    Dalam even ini busana jenis kasual dan pesta yang ditampilkan pada pagelaran ini adalah karya terbaik siswa SMK di Jateng.

  2. Griya Cerdas Estensi, Inovasi Baru Karya Siswa SMKN 1 Blora
    Inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IoT) bernama Griya Cerdas Estensi, diciptakan siswa SMK Negeri 1 Blora jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).“Dalam masa pandemi, siswa SMKN 1 Blora jurusan TITPL membuat inovasi baru dalam bidang Internet of Things (IoT),” terang guru pembimbing Produk Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus pembimbing Krenova SMKN 1 Blora, Nunuk Sutristityanti, M.Pd, di Blora, Sabtu 5 Desember 2020.

    Menurut Nunuk, alat tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan lampu, AC, kipas angin, pompa air, menyiram bunga, tanpa menekan saklar, tetapi cukup menggunakan aplikasi.

  3. Kenalkan Hasil Karya Siswa, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan
    Salah satu cara dalam mengenalkan hasil karya siswa kepada masyarakat luas adalah dengan mengadakan pameran. Seperti dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 2 Muntilan (Mudamu) Magelang, Jawa Tengah. Pameran digelar di SMK Mudamu, Rabu (23/12/2020)Ketua Penyelenggara, Nursita Rahmawati, mengatakan pameran tersebut mempublikasikan hasil karya siswa, usaha siswa, dan start-up bisnis siswa. Kegiatan pameran ini diikuti oleh 20 peserta.

    “Alhamdulillah,ada banyak karya siswa yang kami pamerkan. Seperti bakso,sabun cuci piring, hand soap, custome mug, totebags, masker tie dye, dan lainnya,” ujar Nursita.

    Dikatakan Nursita, SMK Mudamu sebagai Center Of Excellence (COE) mengembangkan bakat para siswa menurut bidang yang diminati. Para siswa dididik dan diarahkan untuk menjadi entrepreneur muda yang cakap.

    “Ke depan usai lulus, diharapkan menjadi pengusaha mandiri yang sukses di bidang mereka mading-masing,” imbuh Nursita.

  4. Inovasi Sepeda Listrik Karya Siswa SMK Nasional Malang
    Sejumlah pelajar SMK Nasional kota Malang berhasil membuat sepeda listrik dengan sejumlah teknologi yang dibenamkan.Hasil karya tersebut merupakan wujud inovasi alih teknologi guna memenuhi kebutuhan pangsa pasar saat ini.  Dari inovasi ini, maka akan memacu kreatifitas para pelajar dan dapat membuka peluang pasar baru bagi masyarakat, sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi.
  5. Lampu LED Hemat Energi Buatan Pelajar Sumedang Tembus Pasar Kalimantan
    Para pelajar di SMKN 1 Sumedang memproduksi lampu LED hemat energi di tengah masa pandemi COVID-19. Lampu yang diberi label Nesas LED Lamp itu telah tembus ke pasar di Kalimantan.
    Adang Maulana (17) salah seorang siswa yang tergabung dalam program tersebut mengatakan, lampu merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. Walau diakuinya, saat ini banyak lampu dari produsen ternama, tapi hal itu tak menyurutkan siswa binaan program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) itu untuk turut berkreasi.”Melihat karena banyak sekali (lampu) digunakan oleh masyarakat. Disini kami merakit lampu LED berawal dari pertama menyiapkan produk, dilanjutkan proses merakit, penyolderan, perekatan dan pemberian label,” ujar saat ditemui, Selasa (30/12).

  6. Ciptakan Aplikasi ‘Plong’, Cara Atasi Depresi Ala Anak SMA Asal Bandung Barat
    Pandemi Covid-19 tidak lantas mengubur kreatifitas pelajar di Jawa Barat. Adalah Farhan Mandito Wirarachman dan Ananda Safira Choirunissa, pelajar SMAN 1 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, berhasil menciptakan aplikasi kesehatan mental yang dapat membantu mengurangi resiko depresi melalui aplikasi “Plong”.

    Aplikasi Plong tersebut mengantarkan Farhan dan Ananda meraih medali perak dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2020 di bidang game dan aplikasi.

    Pihak sekolah yang memberikan dukungan penuh atas karya pelajar tersebut melakukan kerja sama dengan tenaga medis dari Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Keren-keren ya sobatphi, teruskan berjuang untuk menimba ilmu dan membuat sesuatu yang bermanfaat.

Karya Siswa SMK di Bulan Desember 2020

Sumber : Berbagai Sumber

Read previous post:
SMA Negeri 4 Bandung Ikut Andil Dalam Kesuksesan Timnas Pelajar U-15
Tips Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa Di Tahun 2021

BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair Bulan Januari 2021

klaim-token-listrik-pln
Stimulus PLN 2021 Klaim Token Listrik Gratis PLN

Close