Kapan Cair BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahun 2021. Kementerian Ketanagakerjaan (Kemnaker) kini terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), untuk persiapan proses penyaluran di 2021. Dalam Siaran Pers Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Sabtu, 9 Januari 2021, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI dan Jamsos) mengatakan, pihak Kemanker kini sedang berkoordinasi dengan pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kapan Cair BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahun 2021?

Selain itu juga, Kemnaker kini tengah berkoordinasi juga dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.





“Kita juga terus berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, melakukan perbaikan sisa data rekening yang belum dapat tersalurkan. Hal ini dilakukan sebagai upaya apabila sisa penerima yang belum tersalurkan dimungkinkan dapat dilanjutkan proses penyaluran nya di tahun ini” katanya.

Pada ternyataan tersebut, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan akan jadi berlanjut pada 2021 ini. Sementara itu, Kemnaker sudah menyelesaikan penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaa kepada para pekerja di 2020.

Di 2020 lalu, penyaluran subsidi gaji dilakukan dengan termin atau gelombang saja, yang dimana setiap terminnnya terdapat 6 tahap. Target Pemerintah untuk penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yaitu sebanyak 12,4 juta pekerja, dengan anggaran Rp29,7 triliun.

Namun, dana yang baru tersalurkan sebanyak Rp29,4 triliun atau baru sekitar 98,8 persen. Dapat dilihat dari data di termin satu, subsidi gaji sudah tersalurkan ke 12,2 juta pekerja, dengan anggaran Rp14,7 juta.

Sedangkan di termin dua, BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah tersalurkan ke 12,2 juta pekerja, dengan dana total sekitar Rp14,6 triliun. Maka dari itu, pekerja yang belum dapat subsidi gaji tersebut, yaitu sekitar 294 ribuan lagi.

Sisi anggaran dari mereka yang belum dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan itu, akan dikembalikan lagi ke kas negara. Setelah itu, data rekening penerima tersebut bakal diproses dan diperbaiki oleh pihak Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebenarnya,  BLT PJS Ketenagakerjaan sudah tersalurkan sebanyak dua termin. Termin pertama periode September-Oktober dan termin kedua periode November-Desember 2020 lalu. Kemnaker menargetkan 12,4 juta dengan dana total sebesar Rp29,7 trilun per terminnya.

Selama periode 2020, dana BLT BPJS Ketenagakerjaan telah tersalurkan sebesar Rp29,4 juta atau baru 98,81 persen. Dilihat data di termin satu, subsidi gaji sudah tersalurkan ke 12,2 juta pekerja, dengan dana total senilai Rp14,7 triliun atau baru 98,88 persen.





Kapan Cair BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahun 2021?

Untuk saat ini penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 3 di 2021 ini, masih dalam tahap penyaluran ke pihak bank penyalur. Akan tetapi, membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan dana yang disalurkan tidak sedikit dan juga melibatkan berbagai bank sesuai rekening calon penerima subsidi gaji.

Sedangkan di termin dua, BLT BPJS Ketenagakerjaan telah tersalurkan ke 12,2 juta pekerja, dengan anggaran Rp14,6 triliun atau baru 98,74 persen.

Maka dari itu, masih ada sekitar 200 ribuan pekerja lagi yang masih belum dapat subsidi gaji. Data pekerja yang belum menerima tersebut, kini masih dalam tahap perbaikan dengan pihak Himpunan Bank Milik Negera (Himbara).

Hal tersebut dilakukan agar bank penyalur mendapatkan hasil penyaluran subsidi gaji yang rill. Dalam Siaran Pers Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, pada Sabtu, 9 Januari 2021, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI dan Jamsos) menyampaikan, dana sisa yang belum tersalurkan dikembalikan ke kas negara.

Dana sisa tersebut sudah dikembalikan ke kas negara sejak 31 Desember 2021. Sementara itu, data riil penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan masih dalam tahap rekonsiliasi dengan Bank Himbara, selaku bank penyalur.

Melihat data yang tidak sedikit sehingga melibatkan berbagai macam bank sesuai dengan rekening calon penerima.

Nah untuk cek namanya bisa melalui link resmi Kemanker www.kemnaker.go.id dan sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, serta https://bsu.kemnaker.go.id.

Kalian juga bisa cek penerima lewat aplikasi juga loh, nama aplikasinya yaitu BPJSTK Mobile. Selain lewat lin dan aplikasi di atas, kalian juga bisa cek via pesan singkat (SMS) dan Whatsapp (WA).

Jika melalui SMS cukup mengirim pesan ke nomor 2757, sedangkan untuk WA kirimkan ke nomor 08119115910 atau 08551500910.

Seperti yang diketahui sebelumnya, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan di 2020 sudah selesai, dengan dua termin dan 12 tahap. Pada termin 1 terdapat 6 tahap dengan dana total sebesar Rp14,7 triliun, yang disalurkan kepada 12,2 juta pekerja.

Sedangkan pada termin 2 juga terdapat 6 tahap dengan anggaran total senilai Rp13,2 triliun, yang sudah ditransfer ke 11 juta pekerja.

Bila dijumlahkan dari total keseluruhan termin 1 dan 2, Kemanker sudah menyalurkan dana sebesar Rp27,9 trilun dengan total penerima 23,3 juta pekerja. Di sisi lain, teradapat juga ratusan ribu perusahaan yang karyawannya sudah mendapatkan subsidi gaji.

Sementara itu, Jokowi juga berharap dengan adanya program BLT BPJS Ketenagakerjaan ini, bisa ikut membantu dalam meulihkan perekonomian di Indonesia ini.

Jokowi juga meyakinkan, perekonomian di Indonesia ini bakal pulih kembali di 2021 ini, dengan dibantu dengan beberapa bansos lain.

Pria asal Solo itu memastikan, tidak akan dana yang nyangkut di Kemnaker karena mereka diawasi, oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).





Berikut persyaratannya :

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan;
  2. terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah dibawah Rp.5.000.000,00 (lima juta rupiah) sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;
  4. Pekerja/Buruh penerima Upah;
  5. memiliki rekening bank yang aktif;
  6. peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan dengan bulan Juni 2020

Sementara itu, berikut cara untuk mengecek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan dari pemerintah:

  1. https://bsu.kemnaker.go.id
  2. https://kemnaker.go.id 3.
  3. Login melalui BPJSTK Mobile
  4. Login melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  5. Melalui SMS
  6. Melalui WhatsApp Selain melalui web dan SMS kalian dapat mengecek lewat Whatsapp dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.
Read previous post:
Hari Gizi Nasional 25 Januari 2021
Hari Gizi Nasional 25 Januari 2021

blt-dana-desa
BLT Dana Desa Cair Januari 2021? Cek Infonya

10-Universitas-Terbaik-Di-Australia
10 Universitas Terbaik Di Australia Untuk Kesiapan Kerja Lulusannya

Close