Kapan Bansos Cair? Bansos mulai cair tanggal 4 Januari 2021. Program Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial ini di tegaskan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Bansos wilayah Jabodetabek, pencarirannya ini sendiri akan melalui PT.POS Indonesia yang akan diantar langsung ke rumah – rumah warga yang berhak menerima bansos tersebut. Bansos 2021 ini diharapkan akan bisa tersalurkan secara masif dalam waktu 1 minggu.

Kapan Bansos Cair

Bansos ini tidak lagi berbentuk sembako melainkan berupa uang tunai. Skema antar langsung ke rumah warga ini dipilih agar menghindari potensi terjadi kerumunan pada saat penyaluran bansos. Secara umum, skema dan data penerima bansos tahun 2021 ini masih terus dalam proses finalisasi.



Sebagai informasi, rata – rata pembelanjaan sembako di Indonesia setiap bulannya adalah mencapai lebih dari 3 Triliun Rupiah atau sekitar 60 miliar lebih untuk tiap kota dan kabupaten di Indonesia yang berjumlah lebih dari 500 wilayah kota – kabupaten.

Berikut persyaratan dan tata cara bagi warga yang akan mengakses Banson Kemensos :

1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/
2. Pilih ID, Anda dapat memilih salah satu identitas yang akan di cek seperti NIK, ID DTKS atau Nomor PBI JK/KIS. Namun, untuk lebih mudah, pilih NIK.
3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
4. Masukkan nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
5. Ketik ulang kode Captcha sesuai dengan yang ditampilkan.
6. Klik kata ‘cari’ lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan sosial (Bansos BST).

Jika nama warga bersangkutan belum muncul, maka calon penerima harus mendaftarkan diri dengan melampirkan fotocopy KTP yang diserahkan kepada pemerintah desa setempat. Pihak desa akan menyerahkan dokumen tersebut kepada bank milik negara yang terkait dengan program Bansos.



Bila sudah terdaftar dan sah, maka bansos kemensos akan diberikan secara tunai dan non tunai. Opsi non tunai disalurkan lewat transfer ke rekening bank penerima, sementara bansos tunai si celon penerima bisa langsung menghubungi aparat desa, bank milik negara, atau diambil langsung di kantor Pos terdekat.

Source : dari berbagai sumber dan fixindonesia.pikiran-rakyat.com/

Read previous post:
Cek Penerima Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SD-SMA, AKSES pip.kemdikbud.go.id
Cek Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) di pip.kemdikbud.go.id

Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021
Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021

Program Insentif Kartu Prakerja
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Close