Jadwal Pencairan Bansos Program Keluarga Harapan. Direktur Jenderal Penanganan Fakis Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/1/2020), mengatakan, untuk Program Keluarga Harapan ( PKH), ada 10 juta keluarga yang akan menerimanya. Bantuan sosial pemerintah melalui Program Keluarga Harapan merupakan salah satu bansos yang akan disalurkan pemerintah mulai Senin (4/1/2021).

Jadwal Pencairan Bansos Program Keluarga Harapan

Dua bansos lainnya adalah bansos beras dan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300.000. Rencananya, penyaluran bansos secara resmi akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana Presiden, Jakarta.



Jadwal penyaluran bansos PKH

Kapan jadwal penyaluran bansos PKH? Asep menjelaskan, bansos akan disalurkan empat kali sepanjang 2021 ini.

Penyaluran tersebut yakni akan dilaksanakan pada bulan:

  • Januari
  • April
  • Juli
  • Oktober

Proses penyaluran PKH akan dilakukan oleh Himbara melalui rekening. PKH sendiri menyasar sejumlah kelompok seperti ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas hingga lanjut usia.

Kompas.com, 5 Desember 2020, memberitakan, pada 2021, bantuan PKH juga akan digunakan untuk mendung program pemerintah dalam penangggualan Tuberculosis (TBC).

Oleh karena itu, Kemensos akan memberikan tambahan komponen kesehatan berupa bantuan bagi keluarga yang memiliki anggotanya penyandang TBC.

Bansos lainnya

Selain PKH, bansos yang lain adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Sembako. Asep menjelaskan, bantuan program sembako juga akan disalurkan oleh Himbara melalui rekening.

Adapun BST disalurkan lewat mekanisme pos. Untuk penerima program sembako nantinya akan mendapat bantuan senilai Rp 200.000 dan disalurkan mulai Januari hinga Desember 2021.

Untuk warga Jabodetabek yang awalnya mendapat bantuan sembako, mulai 2021 tidak akan lagi menerima bantuan yang sama dan digantikan dengan bantuan langsung.

Sementara itu, untuk program BST, setiap penerima mendapatkan Rp 300.000 yang diberikan selama empat bulan berturut-turut sejak Januari hingga April 2021.

Penggunaan bansos

Pada Selasa (29/12/2020), Presiden Joko Widodo mengingatkan agar penerima bansos tidak menggunakan uang bansos untu membeli rokok.

“Bapak Presiden tadi sudah wanti-wanti untuk tidak digunakan membeli rokok. Sekali lagi, jadi bantuan ini tidak boleh sama sekali untuk digunakan membeli rokok sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.



Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menyampaikan hal yang sama. Ia menyebutkan, pemerintah tengah mempersiapkan mekanisme untuk mengetahui penggunaan uang bantuan oleh penerima bansos.

Jadwal Pencairan Bansos Program Keluarga Harapan

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/03/163200765/disalurkan-4-kali-pada-2021-ini-jadwal-pencairan-bansos-program-keluarga?page=all

 

Read previous post:
blt-umkm
Cara Dapat Banpres BLT UMKM Rp. 2,4 Juta

BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
BLT Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kapan Cair?

jadwal-belajar-dirumah-bersama-tvri
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021

Close