Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.



Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Selasa, 5 Januari 2021

  • 08.00 – 08.30 : Jenis-Jenis Hewan (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Aturan di Rumah (SD Kelas 1)
  • 09.00 – 09.30 : Denah dan Tata Letak Dapurku (SD Kelas 2)
  • 09.30 – 10.00 : Aturan di Rumahku (SD Kelas 3)
  • 10.00 – 10.30 : Roda dan Gaya Gesek (SD Kelas 4)
  • 10.30 – 11.00 : Transportasi Darat (SD Kelas 5)
  • 11.00 – 11.30 : Kereta Api Sejak Dulu Hingga Kini (SD Kelas 6)

Pada materi pembelajaran TVRI 5 Januari 2021 ini, para siswa tidak mendapat tugas atau soal, namun hanya materi saja.

Materi BDR TVRI 6 Januari 2021

SD Kelas 1

Dalam episode ‘Mari Mengenal Ruangan’ kali ini, Kiki mengajak kamu untuk mengenal ruangan di dalam rumah dan fungsinya, serta mengenal konsep kanan-kiri, atas-bawah, dan depan-belakang.

Bersama-sama, kamu juga akan diajak untuk menghitung jumlah jendela dan pintu yang ada di ruangan. Seru ya?

SD Kelas 2

Episode ini menampilkan bacaan “Rumah Dian Terang Sekali”. Berkisah tentang rumah yang memiliki panel surya, sehingga tokoh Dian akan bercerita tentang pentingnya sinar matahari dan rumah yang terang.

Ia ditemani Kak Yoga yang mendampingi selama Dian mengeksplor rumahnya. Animasi ditampilkan untuk mengisi kegiatan numerasi dan literasi, dengan visual sesuai ilustrasi pada cerita.

SD Kelas 3

Kak Jo bersama adik-adiknya, Shinta dan Dodi, mempelajari perkiraan ukuran suatu benda, menyebutkan ruang dan fungsinya, serta apa saja benda yang ada di ruang tersebut.

Setelah membaca cerita “Rumah Dian Terang Sekali”, Dodi jadi tahu arah mata angin seperti Timur, Barat, Selatan dan Utara.

Dodi berlatih membuat denah rumah dengan mencantumkan arah mata angin, sehingga ia tahu di mana letak kamarnya menurut arah mata angin.

SD Kelas 4

Tahukah kamu alat transportasi sungai di daerah? Di episode kali ini, Kak Kafi dan Angel mengajak kamu untuk belajar mengenai transportasi sungai di daerah, dan menuliskan tentang transportasi sungai di daerah tempat tinggalmu.

Kamu juga diajak mengenal kata depan di- dan huruf kapital, serta mengukur dan menggambar sudut pada layar perahu yang berbentuk segitiga. Seru ya?

SD Kelas 5

Bersama Kak Kinan, kamu akan diajak bersama-sama untuk membaca informasi tentang ragam transportasi laut, menuliskan lingkungan laut dan alat transportasi, serta mempelajari lebih lanjut tentang kata depan dan penggunaan huruf kapital.

Di episode kali ini, kamu juga akan mengenal alat transportasi yang menyerupai balok dan menemukan jaring-jaring balok tersebut.

SD Kelas 6

Heri, paman Angga yang seorang pelaut, menceritakan jenis kapal besar di lautan beserta kapasitas dan fasilitasnya, dan pentingnya kapal untuk kebutuhan masyarakat, pertahanan, dan perekonomian Indonesia.

Pada Angga, ia juga bercerita bahwa kapal tanker minyak bisa membawa minyak bumi. Dari ayahnya dan Paman Heri, Angga juga belajar penggunaan huruf kapital dan cara menghitung volume tabung.

Demikianlah informasi seputar materi pembelajaran BDR TVRI hari Selasa, 5 Januari 2021, semoga bermanfaat.

Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 4 – 10 Januari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI




Manfaat Belajar dari Rumah

  1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua.
  2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif belajar.
  3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak.
  4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.
  5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 4 – 10 Januari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud

Read previous post:
tren-makan-sehat-2021
Tren Makan Sehat 2021 Menurut Ahli Diet

bantuan-langsung-tunai-blt
BLT KPM PKH Cair Hari Ini 4 Januari 2021

Seleksi Beasiswa Hebat Nusa Mandiri
Seleksi Beasiswa Hebat Nusa Mandiri

Close