Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 21 Januari 2021. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.



Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 21 Januari 2021

Memasuki penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama dalam menentukan pola pembelajaran baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Untuk mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) serta sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi, Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut akan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Kamis s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 s.d. 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 s.d. 09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, SD kelas 5 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 s.d. 11.30 WIB. “Tayangan untuk SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter,” terang Jumeri.

Selain pembelajaran melalui TVRI, Kemendikbud menyediakan kanal pembelajaran secara dalam jaringan (daring) yang dapat diakses melalui akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Tayangan pembelajaran juga dapat disaksikan TV Edukasi dan Radio Edukasi. Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Sumber pembelajaran secara daring juga disediakan di aplikasi Rumah Belajar dan para pendidik juga dapat saling berbagi pola pembelajaran yang dapat diakses melalui laman Guru Berbagi. Selain itu, bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja juga tersedia pada laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Kamis, 21 Januari 2021

  • 08.00 – 08.30 : Warna Warni (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Hewan dan Tumbuhan Istimewa di Tempat Tinggalmu (SD Kelas 1)
  • 09.00 – 09.30 : Lautku, Lautmu, Laut Kita (SD Kelas 2)
  • 09.30 – 10.00 : Negeriku yang Istimewa (SD Kelas 3)
  • 10.00 – 10.30 : Berbagai Jenis Bahan Bakar Kapal (SD Kelas 4)
  • 10.30 – 11.00 : Mesin dan Bahan Bakar (SD Kelas 5)
  • 11.00 – 11.30 : Mengisi Perut Si Burung Besi (SD Kelas 6)

Pada materi pembelajaran TVRI 21 Januari 2021 ini, para siswa tidak mendapat tugas atau soal, namun hanya materi saja.

Materi BDR TVRI 21 Januari 2021

SD Kelas 1

Indonesia merupakan negeri yang kaya dan memiliki beraneka ragam hewan dan tumbuhan. Ternyata, setiap daerah memiliki hewan dan tumbuhan istimewa yang berbeda-beda.

Pada episode kali ini, Maya mengajak kita untuk mencari tahu hewan dan tumbuhan apa yang ada di sekitar kita.

SD Kelas 2

Marta dan tokoh Pak Pos mengenalkan pada temanteman asyiknya punya sahabat pena dari luar pulau melalui kisah “Halo Sahabat”.

Dari kegiatan itu, Marta yang tinggal di Pulau Nusalaut, Maluku Tengah, jadi belajar tentang batas-batas laut tempatnya tinggal.

Pak Pos juga mengajarkan konsep mata angin, jarak dan arah (rute), serta lambang bangunan pada peta.

SD Kelas 3

Shinta sedang meminta bantuan Kak Jo untuk bisa bicara secara daring dengan sahabatnya, Bulan, yang ada di Klumbu, Pulau Nusa Penida, Bali.

Bulan dan Shinta waktu itu bertemu saat mereka sedang melakukan tamasya edukasi ke Taman Safari.

Mereka lalu membahas binatang-binatang dan tanaman yang menakjubkan di sana. Ayo ikuti kisahnya di belajar dari rumah episode kali ini.

SD Kelas 4

Hari ini Kakak dan Adik membaca buku ”Apakah Bahan Bakarnya?”. Mereka lalu menuliskan dan menceritakannya kembali berdasarkan pemahaman mereka sendiri.

Adik juga mendapatkan kosa kata baru lalu bermain melengkapi kalimat dan mengisi jurnal bacaan.

Setelah itu Adik dan Kakak bermain membandingkan banyaknya roda dari beberapa alat transportasi dan menghitung banyaknya roda.

SD Kelas 5

Di episode kali ini, Kak Kinan mengajak kamu untuk mencermati informasi visual tentang perbandingan antara bahan bakar kapal laut dan bahan bakar pesawat terbang serta membuat tulisan narasi.

Selanjutnya, kamu akan bereksplorasi dengan jarak tempuh maksimum kendaraan bermotor jika tersedia bahan bakar dengan jumlah tertentu.

Selain itu, akan ada proyek kreatif tahapan ke-4 di minggu ini, yaitu membuat mainan alat transportasi dan mencoba menggerakkannya.

SD Kelas 6

Bapak menjelaskan apa saja jenis-jenis bahan bakar pesawat, juga menjelaskan bahwa pengisian bahan bakar ternyata bisa dilakukan baik di darat maupun di udara.

Di sini, Bastian belajar tentang kosakata baru yang berhubungan dengan pesawat. Di akhir penjelasan Bapak, Bastian berniat membuat gambar infografis dan mengajak teman-teman di rumah untuk ikut membuat infografis bahan bakar pesawat.

============

Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR di TVRI Kamis 21 Januari 2021

SOAL DAN JAWABAN

============

Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 21 Januari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 18 – 24 Januari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI




Manfaat Belajar dari Rumah

  1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua.
  2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif belajar.
  3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak.
  4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.
  5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 21 Januari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 18 – 24 Januari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud

Read previous post:
blt-pkh-program-keluarga-harapan
Penerima BLT Penyandang Disabilitas Rp. 2,4 Juta

Close