Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021. Beberapa waktu kebelakang (awal 2020) sektor usaha bisnis di Indonesia mengalami kemunduran karena daya jual rendah yang disebabkan pandemi Covid-19. Namun memasuki kuartal ke 4, perekonomian Indonesia berangsur-angsur membaik dengan banyak menggunakan penjualan secara online.

Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021

Banyak pelajaran berharga yang bisa kita petik di tahun 2020 ini. Adanya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 membuat kita jadi lebih bijak dalam mengelola keuangan.



Tak hanya itu, kita juga harus pintar dalam melihat dan mengambil peluang untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya adalah dengan merintis bisnis. Meningkatnya penjualan bisnis online dapat kita manfaatkan di masa-masa seperti ini.

Tanpa membutuhkan banyak biaya untuk beriklan, kini kita pun dapat dengan mudah memasarkan produk melalui berbagai platform media sosial. Seperti di tahun 2020, diprediksi tahun 2021 perkembangan bisnis online juga akan terus meningkat.

Nah, bagi sobatphi yang ingin coba merintis bisnis di tahun depan, berikut 7 peluang usaha baru untuk tahun 2021 dengan modal kecil atau UMKM.

1. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Bisnis Kuliner Dengan Konsep Take Away

Bisnis kuliner masih menjanjikan untuk dijalankan, sebab hampir semua orang butuh makan. Tapi kalian jangan khawatir bila ingin memulai bisnis ini tanpa mempunyai tempat/toko. Sebab dengan konsep take away, bisnis ini tetap bisa berjalan dengan pemasaran secara daring dan memanfaatkan fasilitas jasa antar makanan seperti gofood dan lainnya. Terlebih saat ini banyak konsumen yang enggan untuk makan di luar karena pandemi yang belum usai.

2. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Perlengkapan dekorasi rumah

Menjual perlengkapan dan bahan untuk dekorasi rumah merupakan peluang usaha baru yang bisa kamu rintis di tahun 2021 mendatang.

Bukan tanpa alasan, selama pandemi ini, banyak orang yang mau tidak mau lebih sering menghabiskan waktu di rumah, apalagi dengan adanya sistem kerja work from home dan sistem belajar study from home.

Agar tidak bosan, orang-orang banyak yang memutuskan untuk mendekor rumah khususnya pada bagian kamar, untuk mengganti suasana yang lebih fresh.

Untuk kamu yang ingin berbisnis, maka kamu bisa menyiapkan segala kebutuhan pelanggan dengan menjual bahan-bahan dekorasi rumah, mulai dari sprei kasur, gorden, sarung bantal, tanaman hias, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa lho menjual aksesoris-aksesoris kamar seperti, lampu gantung, stiker, atau bahkan lukisan. Kalau kamu memiliki keterampilan tangan, tentu kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan modal yang jauh lebih kecil.

3. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Bisnis masker 3 lapis

Sejak awal tahun 2020, bisnis masker pun merebak luas di Indonesia. Hal ini disebabkan karena berkurangnya stok surgical mask di pasaran.

Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya beralih menggunakan masker kain, dan tentu saja banyak pebisnis yang menjadikan hal ini sebagai peluang usaha baru mereka.

Melihat bahwa sampai sekarang pandemi masih juga belum mereda, maka bisa dipastikan bahwa bisnis masker masih akan berpotensi besar di tahun 2021.

Kamu juga bisa memanfaatkan masker menjadi ide bisnis untuk mulai merintis usaha di tahun 2021 nanti. Adapun, sekarang ini masker kain memiliki peraturannya sendiri, salah satunya harus 3 lapis.

Jadi, pastikan kamu menjual masker kain yang tepat. Selain itu, bisnis masker juga termasuk memiliki modal kecil, lho!

4. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Jasa Laundry

Ide bisnis ini akan sangat populer jika kamu tinggal di area perumahan atau perkotaan yang notabene orang-orangnya sangat sibuk, jadi tidak sempat untuk mencuci pakaian. Maka dari itu, jasa laundry bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan di tahun 2021.

Mengenai modalnya juga tidak begitu banyak. Kalian bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah sebagai modal awalnya.

Sebagai promosi pertama, kalian bisa memberitahukan tetangga dengan memberikan promo menarik. Jangan lupa medsos dimanfaatkan.

5. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Jasa Mengajar Daring

Peluang usaha baru selanjutnya yang bisa kamu terapkan di tahun 2021 nanti adalah jasa mengajar dengan konsep daring.

Kenapa harus daring, sebab di saat pandemi berlangsung, banyak kegiatan yang dilakukan di rumah. Bahkan, banyak juga seminar-seminar yang dilakukan via Google meet atau zoom.

Jadi ini peluang yang sangat bagus untuk kalian yang mempunyai keahlian dalam bidang pendidikan. Untuk modalnya juga cukup dengan jaringan internet dan laptop serta smart phone saja.

6. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Jasa titip beli (Jastip)

Masih berhubungan dengan kondisi pandemi yang kita alami, sekarang ini banyak orang yang enggan meninggalkan rumah. Selain karena ingin menghindari kerumunan, bisa juga karena mereka sudah terlalu nyaman di rumah.

Melihat kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan fenomena ini dengan menjalankan jastip sebagai peluang usaha baru di tahun 2021. Saat kamu pergi ke mall atau suatu tempat, tawarkanlah teman-temanmu untuk menitipkan barang yang mereka inginkan.

Nantinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga, atau jasa ongkos titip tersebut. Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa saat menjalani hal ini kamu harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Selalu pakai masker kamu dan lakukan physical distancing. Selain itu, akan lebih baik kalau kamu memiliki kendaraan sendiri, jadi dalam sekali jalan kalau bisa pergi ke beberapa tempat dengan aman serta nyaman.

Bahkan, kamu bisa menghemat ongkos transportasi. Sebagai langkah awal kamu bisa menawarkan teman-teman dekatmu terlebih dahulu perihal jastip ini. Dengan adanya media sosial, kamu juga dapat dengan mudah mempromosikan jasa titipmu.

7. Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021 Pupuk kompos

Terakhir adalah pupuk kompos. Ya, pupuk kompos bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha baru yang menguntungkan di tahun 2021. Hal ini juga masih berkaitan dengan keadaan pandemi saat ini.

Selama di rumah saja, banyak orang yang melakukan banyak kegiatan di rumah, salah satunya adalah bercocok tanam. Maka dari itu, merintis bisnis pertanian juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.



Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukannya dengan modal kecil, dengan memanfaatkan sampah rumah tangga di rumah. Ya, pupuk kompos bisa kamu buat sendiri, apalagi jika kamu memiliki lahan yang luas di rumah.

Nah, itulah peluang usaha baru untuk tahun 2021 yang bisa kamu pilih untuk kemudian menjadi ide bisnis UMKM. Dari ketujuh ide bisnis di atas, mana yang ingin dicoba untuk kamu kembangkan?

Selamat mencoba sobatphi untuk UMKM nya.

Ide Bisnis UMKM di Tahun 2021

Sumber : berbagai sumber

Read previous post:
Program Insentif Kartu Prakerja
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

BLT UMKM Rp 2,4 Juta dan Cara Mencairkan Dana Melalui https://eform.bri.co.id
Cara Cairkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta Januari 2021

lowongan-kerja-2021
Lowongan Kerja Lulusan SMK Posisi Staff Marketing dan Teknisi Komputer

Close