Hari Gizi Nasional 2021  Remaja Sehat, Bebas Anemia, hari gizi yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, pada HGN ke-61 tahun ini mengusung tema  Remaja Sehat, Bebas Anemia dengan slogan Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat.

Hari Gizi Nasional 2021 Remaja Sehat, Bebas Anemia



Dilansir dari promkes.kemkes,  Saat ini lndonesia masih dihadapkan pada beban ganda masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro terutama anemia yang masih menjadi tantangan besar.

Berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi anemia pada remaja sebesar 32o/o, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik.

Upaya pencegahan anemia pada remaja melalui suplementasi Tablet Tambah Darah pada remaja putri merupakan intervensi spesifik yang sangat strategis, untuk mempersiapkan calon ibu yang sehat melahirkan generasi penerus yang berkualitas.

Mengacu pada RPJMN 2O2O-2O24, percepatan penurunan stunting menjadi t4o/o dan wasting menjadi 7o/o pada tahun 2024 menjadi salah satu tujuan pembangunan kesehatan. Untuk dapat mencapai target tersebut, perlu dilakukan penguatan intervensi spesifik dan sensitif yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan fokus pada sasaran 1000 HPK dan remaja .

lndonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, dan remaja dapat mencapai produktifitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka sehat. Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial.

Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa. Meskipun saat ini lndonesia masih dihadapkan pada situasi pandemi covid, berbagai upaya modifikasi pelayanan kesehatan termasuk pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja puteri diharapkan tetap dapat dilakukan.

Umumnya Tablet Tambah Darah (TTD) remaja puteri didistribusikan melalui sekolah, namun dengan kebijakan belajar di rumah selama pandemi, pemberianTablet Tambah Darah (TTD) dapat dimodifikasi sesuai kebijakan daerah.

Persoalan gizi remaja tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu dukungan dan kontribusi lintas program, lintas sektor, profesi dan semua mitra pembangunan.

Peringatan HGN tahun 2021 merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi antara lain melalui edukasi gizi seimbang dan suplementasi Tablet Tambah Darah pada remaja putri.

Dengan memanfaatkan momentum HGN ke-61 tahun 2021 ini diharapkan para pemangku kepentingan termasuk masyarakat dan unsur pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut berperan serta bekerja sama dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan melalui tema Remaja Sehat, Bebas Anemia.

Tema : “Remaja Sehat, Bebas Anemia”

Slogan : Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat

Hashtag:  mudasehatbebasanemia

Tujuan

  • Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat tentang kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.
  • Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  • Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19. d.
  • Meningkatkan peran media massa dalam kampanye penanggulangan anemia pada remaja sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.



Penyelenggara kegiatan adalah Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kab/Kota, didukung oleh lintas sektor terkait, akademisi, organisasi profesi, organisasi sosial kemasyarakatan, dunia usaha, mitra pembangunan serta media. Waktu penyelenggaraan kegiatan peringatan HGN ke-61 dimulai dari pertengahan Januari hingga Februari 2021 di seluruh lndonesia.

Demikian artikel tentang Hari Gizi Nasional 2021 Remaja Sehat, Bebas Anemia, semoga Remaja Sehat, Bebas Anemia dengan slogan Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat.

Buku Kegiatan Panduan HGN 2021

Download Buku Panduan Hari Gizi Nasional (HGN) 61 Tahun 2021

Source : promkes.kemkes.go.id, harinasionaldiindonesia.blogspot.com

Read previous post:
stimulus-pln-listrik
Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dan Diskon Januari 2021

Close