Faktor Penyebab Stunting Pada Anak, stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup membahayakan. stunting juga berisiko mengganggu perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak. Selain itu, stunting juga dapat meningkatkan risiko anak mengalami berbagai penyakit kronis ketika dewasa, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Faktor Penyebab Stunting Pada Anak

Berikut ini beberapa faktor penyebab stunting pada anak diantaranya adalah:

  • Kurang Gizi dalam Waktu Lama
    Penyebab stunting pada dasarnya sudah dapat terjadi sejak anak berada di dalam kandungan. Sejak di dalam kandungan, anak dapat mengalami masalah kurang gizi, karena sang ibu tidak kurang asupan makanan sehat dan bergizi, sehingga anak akan kekurangan nutrisi.




  • Tidak Melakukan Perawatan Pasca Melahirkan
    Penyebab stunting  terjadi juga karena setelah bayi lahir sangat dianjurkan untuk langsung menerima asupan ASI agar dapat memperkuat sistem imunitasnya.
  • Pola MPASI yang Tidak Sehat dan Bergizi
    Pola MPASI yang tidak sehat dan bergizi, ketika bayi masa MPASI usia 6 bulan pola MPASI nya tidak sehat dan bergizi menjadi faktor stunting pada anak, oleh karena itu orang tua harus memenuhi standar makanan sehat dan bergizi.
  • Faktor Sanitasi
    Penyebab stunting  karena faktor sanitasi yang kurang baik, serta keterbatasan akses pada air bersih akan mempertinggi risiko stunting pada anak. Rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan juga merupakan salah satu faktor penyebab stunting.
    Biasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air, terutama sebelum menyiapkan makanan dan setelah buang air besar atau buang air kecil, meminum air yang terjamin kebersihannya, dan mencuci peralatan makan dengan sabun cuci piring. untuk mencegah anak terkena penyakit infeksi.

Demikian artikel tentang Faktor Penyebab Stunting  Pada Anak, semoga bermanfaat.

Source : ikhtisarsingkat.blogspot.com

Read previous post:
Program-Insentif-Kartu-Prakerja
Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021?

Close