DISDIK JABAR sukses menggelar Festival Anak dan Remaja Jawa Barat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Kegiatan yang merupakan acara puncak Pokja Pendidikan Keluarga Disdik Jabar dan sebagai wadah menyosialisasikan program-program pendidikan keluarga ini, berlangsung di Aula Ki Hajar Dewantara Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6,  Kota Bandung, Selasa (17/12/19).

Disdik Jabar Gelar Festival Anak dan Remaja 2019

Kadisdik Jabar, Ibu Dewi Sartika menyampaikan, festival ini menjadi ajang bagi anak-anak untuk berkreasi. Kadisdik juga mengingatkan para siswa agar menjadi anak-anak yang hebat, mandiri, dan mempunyai arah yang jelas untuk masa depan.



“Dalam perkembangan menuju masa depan tersebut, keluarga menjadi sekolah pertama bagi anak-anak kita. Setelah itu, ada sekolah yang ikut membantu tumbuh kembang anak. Terakhir adalah lingkungan,” tutur Kadisdik.

Menurut Kadisdik, ketiga ekosistem ini harus memiliki keterikatan guna menciptakan kehidupan yang nyaman bagi anak-anak. “Anak-anak perlu diberikan ruang agar mereka bisa bertanggung jawab akan dirinya, seperti dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan,”.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kerja (GTK) Disdik Jabar, Bapak  Asep Suhanggan mengatakan, “pendidikan berperan penting dalam membangun karakter anak di masa depan, walaupun akan banyak tantangan yang hadir dalam menerapkan berbagai pembelajaran dan metode. Maka, diperlukan strategi-strategi tertentu guna memperkuat pembentukan karakter dan prestasi anak.”

“Oleh karena itu, Disdik Jabar menyosialisasikan program pendidikan keluarga. Dimulai dari sosialisasi kesehatan reproduksi, sosialisasi mengantisipasi penularan penyakit HIV/AIDS, bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkarya melalui pengembangan bakat dan kemampuan anak,” tutur Asep.

 Kepala Sub-Direktorat, Pendidikan Anak Remaja, dan Pendidikan Keluarga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Kurniati Restuningsih, mendidik anak merupakan proses yang tak berkesudahan. “Suatu proses yang tidak berkesudahan adalah mendidik anak. Kita perlu belajar mendidik anak agar menjadi generasi emas Indonesia. Apalagi di era digital ini, dengan satu jari bisa melihat dunia. Oleh sebab itu, diperlukan cara atau kiat-kiat yang benar dalam mendidik anak sesuai dengan zamannya,” ungkapnya.

Festival Anak dan Remaja ini merupakan program pendidikan keluarga. Sebanyak 6 sekolah dan 2 yayasan di Jawa Barat yang mengikuti kegiatan ini, yaitu SMAN 10 Kota Bandung, SMAN 1 Tajurhalang Bogor, SLB Hasrat Mulia Kab. Bandung, SMA Muhammadiyah Cipanas Cianjur, SMPN 11 Kota Bogor, SKB Kota Bandung, Yayasan Peduli Musik Anak, dan Yayasan Kerlip Bandung.

Read previous post:
Forum Osis SMK Jawa Barat

Close