Daftar Formasi CPNS 2021/2022 Khusus Lulusan SMA SMK. Seleksi pendaftaran CPNS 2021 yang selalu berlangsung ketat dan pergelarannya cukup langka ternyata masih memberikan peluang untuk lulusan SMA. Bagi Sobat Phi lulusan SMA dan SMK yang ingin mendaftar di CPNS 2021, ada bocoran nih mengenai formasi pendaftaran yang akan dibuka. Simak informasinya di bawah ini.

Daftar Formasi CPNS 2021/2022 Khusus Lulusan SMA SMK

  1. CPNS Kemenkumham 2021

Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) yang membuka lowongan CPNS terbesar di periode bukaan CPNS sebelumnya dengan syarat peserta yaitu lulusn SMA sederajat termasuk SMK. Cek Formasi CPNS Kemenkumham 2021.



Menurut data Kemenkumham di tahun 2019 ada 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA.

Rinciannya adalah jumlah formasi 2.875 diperuntukkan pemegang ijazah SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir, dengan total formasi yang dibuka yakni 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham memberikan kesempatan penerimaan CPNS tersebut sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita.

Lowongan lainnya untuk lulusan SMA ini adalah jabatan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi yakni 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum. Informasi resmi lengkap hanya di link Kemenkumham https://cpns.kemenkumham.go.id.

  1. CPNS Kejaksaan Agung 2021

Pada urutan kedua ada Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat dalam penerimaan CPNS di periode sebelumnya. Kejaksaan Agung total lowongan ada 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi. Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum.

Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum. Lihat Formasi CPNS Kejaksaan Agung 2021 lulusan SMA di situs https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

  1. CPNS Kementerian LHK 2021

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK. Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan pelaksana pemula/pemula polisi kehutanan. Informasi lengkap resmi pada https://ropeg.menlhk.go.id.

  1. CPNS Kementan 2021

Pendaftaran CPNS jalur SMK selanjutnya Kementerian Pertanian (Kementan). Ada 45 formasi yang dibuka. Pembagian jabatannya antara lain:

  • pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, 26 kursi;
  • pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner, 9 kursi;
  • pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, 2 kursi;
  • pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, 5 kursi;
  • pemelihara kebun, 2 kursi; dan
  • pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 kursi.

Informasi lengkapnya ada di https://cpns.pertanian.go.id.

  1. CPNS Kemendikbud 2021

Lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan, yakni pengadministrasi keuangan sebanyak 3 formasi; teknisi laboratorium, 2 formasi; dan teknisi pemetaan dan penggambaran, 6 formasi. Informasi lengkap cek di https://cpns.kemdikbud.go.id.

  1. CPNS BIN 2021




Badan Intelijen Negara (BIN) merima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Itulah informasi mengenai formasi CPNS untuk lulusan SMA dan SMK di enam instansi pemerintahan. Perlu diketahui bahwa SSCN adalah Sistem Seleksi CPNS Nasional, jadi jalur penerimaan CPNS dilakukan melalui satu pintu yakni portal SSCN BKN. Selamat mencoba ya, Sobat Phi!

Read previous post:
Cara-Daftar-DTKS-Kemensos-di-Link-dtks.kemensos.go.id
Hore Pemilik KIS Dapat Bansos BST 2021

Cara-Daftar-DTKS-Kemensos-di-Link-dtks.kemensos.go.id
Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos Rp. 300 Ribu

bantuan-langsung-tunai-blt
Cara Daftar BLT PKH 2021 Untuk Lansia

Close