Cloud Bread Bagus untuk Diet. Setelah Korean garlic bread, ada lagi nih kreasi roti viral baru yakni cloud bread. Sesuai namanya, cloud bread merupakan roti yang lembut, ringan, dan mengembang seperti awan. Roti ini sedang jadi tren terbaru lho di Indonesia. Salah satunya karena cara membuatnya sederhana dan hanya butuh sedikit bahan.


Cloud Bread Bagus untuk Diet

Tapi tahukah Sobat Phi? Cloud bread ternyata bukanlah hal baru di dunia kuliner, sejak lama jadi alternatif bagi para pelaku diet keto untuk dijadikan pengganti roti. Bagi kamu yang belum tahu, diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat. Dilansir dari The Kitchn, cloud bread jadi pilihan paling mudah untuk pengganti roti. Cloud bread mudah dibuat, menggunakan sedikit bahan, dan waktu pembuatannya tak lama.

Cloud bread telah ada sejak tahun 70-an. Ketika itu, cloud bread diperkenalkan lewat metode Diet Atkins. Dilansir dari Healthline, diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat yang dicetuskan oleh Robert Atkins. Diet ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan beat badan. Intinya, diet ini mengklaim kalau kamu bisa menurunkan berat badan walaupun mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan lemak sebanyak yang kamu mau.



Selama kamu menghindari makanan yang tinggi karbohidrat. Cloud bread punya tekstur ringan dan empuk, lebih mirip telur dadar yang tebal daripada sepotong roti. Cloud bread dibuat dari telur, cream cheese, baking powder, dan aneka perasa tambahan. Cloud bread bisa digunakan untuk aneka resep yang membutuhkan roti sebagai pengganti roti. Pasalnya, cloud bread tidak akan mengubah nutrisi yang kamu serap jika kamu sedang mengawasi asupan karbohidrat dan menghindari gluten.

Karena ringan, kamu juga bisa memberikan aneka tambahan rasa pada cloud bread sesuai selera. Roti ini juga bisa dijadikan roti untuk sandwich. Cloud bread jadi menu diet Cloud bread bisa jadi bagian dari diet apa pun. Baik diet rendah karbohidrat atau pun tanpa karbohidrat. Juga diet yang membutuhkan protein tinggi atau lemak tinggi. Itu termasuk keto, vegetarian, gluten-free, celiac, dan diet Atkins.

Kamu yang mengikuti diet bebas produk susu, bisa mengganti cream cheese dengan krim kelapa yang padat dan dingin. Namun, penggantian ini akan mengubah sedikit rasa pada cloud bread. Kalau rasa, sebetulnya kembali lagi kepada selera kamu masing-masing, sih.

Tips Membuat Cloud Bread Enak

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat cloud bread yang terbaik. Pertama, mulai dengan mangkuk yang bersih dan kering untuk mengocok putih telur. Mangkuk yang bersih akan memastikan putih telur terkocok dengan baik hingga kaku. Selain itu, pastikan pula tidak ada kuning telur yang tersisa, karena lemaknya akan mencegah putih telur terkocok maksimal.

Hati-hati ketika melipat kuning telur ke dalam putih telur yang sudah dikocok kaku. Pastikan hanya melipat sampai keduanya tercampur rata. Jika kamu melipat terlalu banyak atau terlalu agresif, maka kamu akan kehilangan udara di dalam putih telur dan nantinya putih telur akan mengempes. Biarkan cloud bread yang sudah dipanggang untuk beristirahat sampai benar-benar dingin. Jika kamu mengambil cloud bread langsung dari loyang terlalu cepat, maka roti akan mudah robek.

Berikut ini cara membuat cloud bread:

Bahan-bahan:

3 butir putih telur

30 gram gula pasir

10 gram maizena

vanili secukupnya

pewarna makanan secukupnya

1/2 buah jeruk nipis

Cara Membuat : Tren Kuliner Baru, Roti yang Lembut seperti Awan

Siapkan wadah, lalu masukkan putih telur dan jeruk nipis, kemudian kocok dengan mixer hingga tercampur rata. Tambahkan gula pasir dan vanili, kemudian masukkan maizena, lalu kocok lagi hingga mengembang.

Selanjutnya, bagi menjadi dua adonan ke dalam wadah terpisah. Beri pewarna makanan secukupnya, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Siapkan loyang dan kertas roti, lalu tumpuk adonan putih dan biru secara bergantian. Bentuk adonan seperti tempurung kura-kura. Setelah itu, masukkan ke dalam oven, lalu panggang dengan suhu 150 derajat Celsius selama 35-40 menit.



Nah itu resep membuat cloud bread yang lagi viral. Mudah, kan? Gimana, kamu sudah siap untuk coba?

Cloud Bread Bagus untuk Diet

*sumber:

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/04/161000275/apa-itu-cloud-bread-yang-viral-di-tiktok-roti-awan-buat-menu-diet?page=all

https://bali.idntimes.com/food/recipe/dhiya-azzahra/resep-cloud-bread-regional-bali

Read previous post:
Fitur Baru Kelas Pintar Diklaim Seperti Belajar di Sekolah
Fitur Baru Kelas Pintar Diklaim Seperti Belajar di Sekolah

Era New Normal ADSS Bagikan Beasiswa Senilai 8 Miliar
Era New Normal ADSS Bagikan Beasiswa Senilai 8 Miliar

Peluang Beasiswa untuk Mahasiswa D3 hingga S3 dari JFL
Peluang Beasiswa untuk Mahasiswa D3 hingga S3 dari JFL

Close