Ciri-Ciri Anak Mengalami Stunting, stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya.

Stunting adalah keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama penyakit Stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak.

Ciri-Ciri Anak Mengalami Stunting

Stunting adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).





Penyakit Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak lain yang seusia dengannya. Penyakit Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir.

Baca Juga : Hari Gizi Nasional 25 Januari 2021

Selain nutrisi yang buruk, stunting juga bisa disebabkan oleh kebersihan lingkungan yang buruk, sehingga anak sering terkena infeksi. Pola asuh yang kurang baik juga ikut berkontribusi atas terjadinya stunting. Buruknya pola asuh orang tua sering kali disebabkan oleh kondisi ibu yang masih terlalu muda, atau jarak antar kehamilan terlalu dekat.

Ciri-Ciri Anak Mengalami Stunting Berdasarkan Kementrian Kesehatan RI diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan.
  • Pertumbuhan melambat.
  • Pertumbuhan gigi terlambat.
  • Usia 8-10 tahun anak menjadi pendiam, tidak banyak melakukan eye contak.
  • Wajah tampak lebih muda dari usianya.
  • Tanda pubertas terlambat.
  • Performa buruk pada tes, perhatian dan memori belajar.




Masalah stunting merupakan salah satu permasalahan gizi yang dihadapi dunia, khususnya di negara-negara miskin dan berkembang. Stunting menjadi permasalahan kesehatan karena berhubungan dengan risiko terjadinya kesakitan dan kematian, perkembangan otak suboptimal, sehingga perkembangan gerak terlambat dan terhambatnya pertumbuhan mental. Hal ini menjadi ancaman serius terhadap keberadaan anak-anak sebagai generasi penerus suatu bangsa.

Demikian tadi tentang Ciri-Ciri Anak Mengalami Stunting, semoga bermanfaat.

Source : ikhtisarsingkat.blogspot.com

Read previous post:
blt-pkh-program-keluarga-harapan
3 Kriteria Yang Dapat BLT PKH

syaikh-ali-jaber-wafat
Biodata Profil Syekh Ali Jaber

Skill IT Yang Di Perlukan Tahun 2021
Skill IT Yang Di Perlukan Tahun 2021

Close