Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair Lagi ke Rekening Karyawan, Ini Jadwal BSU Subsidi Gaji. BLT BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu bantuan yang diberikan kepada masyarakat. BLT BPJS Ketenagakerjaan cair lagi ke rekening karyawan, para penerima yang masih dalam antrian sebaiknya cek rekening secara berkala. Karena Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) masih mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan hingga akhir Desember 2020. Penyaluran dana BLT BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp2,4 Juta tersebut dilakukan melalui Bank Himbara dan Bank Swasta.

Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair Lagi ke Rekening Karyawan, Ini Jadwal BSU Subsidi Gaji

Bagi karyawan yang ingin mengecek namanya tercantum atau tidak sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, bisa mengakses laman resmi Kemnaker. Seperti diberitakan sebelumnya, target penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 ini menyasar kepada 12,4 juta karyawan. Mereka akan mendapatkan bantuan dana Rp 600.000 selama 4 bulan atau total Rp 2,4 juta. Dana itu diserahkan melalui 2 termin yaitu Rp 1,2 juta setiap termin.



Jumlah penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan pada termin 2 ini berada di angka 11,04 juta karyawan atau 93,94 persen dari total target yang ditentukan. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan Kemnaker berupaya untuk menyelesaikan penyaluran bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan kepada 12,4 Juta karyawan

Dilansir dari laman resmi Kemnaker, Menurut Ida, pihaknya masih terus melakukan penyaluran bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah (BSU) bagi para karyawan di termin 2 ini, artinya sisanya tidak disalurkan di termin 3 tahap 1.

“Kita terus mempercepat penyaluran bantuan subsidi gaji atau upah sampai 12,4 juta penerima sehingga bisa segera diterima oleh para pekerja/buruh sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” Kata Menaker Ida Jumat, 11 Desember 2020.

Adapun besaran anggaran yang telah disalurkan melalui tahap pertama pada termin kedua penyaluran subsidi gaji atau upah anggarannya mencapai Rp2,613 triliun, tahap II Rp3,253 triliun, tahap III sebanyak Rp3,775 triliun, tahap IV mencapai Rp2,927 triliun, dan tahap V mencapai Rp657,853 miliar. Sehingga total anggaran yang telah tersalurkan untuk termin 2 adalah Rp13,228 triliun.

“Sampai saat ini l, data penyalurannya sudah mencapai sebanyak sebelas juta orang dan proses penyaluran masih berjalan hingga nanti mencapai sekitar 12,4 juta penerima,” ujar Menaker Ida.

Untuk memastikan penerimaan BSU agar tepat sasaran, dalam proses penyaluran BSU, Kemnaker terus berkoordinasi dan rapat pembahasan secara marathon dengan berbagai pihak di antaranya BPK, KPK, BPKP, DJP Kemenkeu, BPJS Ketenagakerjaan, serta Bank Himbara.

“Selama proses penyaluran BSU, tentunya kita terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari verifikasi data dari BPJS, pemadanan data dengan DJP Kemenkeu, sampai pendampingan dan pengawasan dari KPK, BPK maupun BPKP,” katanya memungkasi.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya masih terus menyalurkan subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan hingga sampai 30 Desember 2020.

“Kami masih ada waktu, terutama sampai akhir tahun anggaran ini yakni tanggal 30 Desember. Untuk itu, kita terus melakukan upaya-upaya, terutama bekerja dengan bank Himbara bagaimana mencairkan solusi terkait persoalan-persoalan yang menyangkut retur,” katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu 16 November 2020.

Senada dengan Anwar, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menjelaskan bahwa ada sejumlah rekening penerima subsidi gaji/upah yang bermasalah. Dia pun menyatakan bahwa pihaknya akan terus memperbaiki rekening subsidi gaji/upah yang bermasalah, dengan cara mengonfirmasi kepada pekerja atau pemberi kerja.

Setelah itu, rekening yang aktif itu bisa diberikan kepada Kemenaker untuk bisa ditransfer. Sehingga, mereka tidak dapat bantuan subsidi gaji/upah sejak termin I meskipun memenuhi kriteria sebagai penerima.

“Tim kami di seluruh Indonesia bergerak cepat menghubungi seluruh pihak untuk bisa dilakukan perbaikan tentunya segera akan kita serahkan kepada Kemnaker,” katanya dalam laman resmi Kemnaker pada hari yang sama.

Berikut adalah cara membuat aduan apabila rekening karyawan bermasalah, anda bisa melakukan langkah-langkah ini agar BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 segera cair.

  1. Lapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Lapor melalui link Kemnaker di: bantuan.kemnaker.go.id
  3. Lapor melalui SMS ke nomor (021) 508 16000
  4. Lapor melalui WhatsApp di nomor 08119303305.

Bagi para pekerja yang sudah memenuhi persyaratan BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 sesuai dengan Permenaker No 14 Tahun 2020, pastikan nama Anda telah terdaftar. Berikut link untuk cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2.

  1. https://bsu.kemnaker.go.id
  2. https://kemnaker.go.id
  3. Login melalui BPJSTK Mobile
  4. Login melalui website: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  5. Melalui SMS. Anda bisa mengetik di layar HP Anda “DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor peserta#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757. Untuk tanggal lahir, gunakan format dd-mm-yy.
  6. Melalui WhatsApp. Anda bisa mengeceknya lewat nomor 08119115910 atau 08551500910.



Kemnaker akan menyalurkan BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 berdasarkan Permenaker No 14 Tahun 2020, yakni WNI yang dibuktikan dengan NIK, Pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif program jamsos BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan (per tanggal 30 Juni 2020), memiliki gaji dibawah 5 juta, dan memiliki rekening aktif.

Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair Lagi ke Rekening Karyawan, Ini Jadwal BSU Subsidi Gaji

Sumber : https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361184070/cek-blt-bpjs-ketenagakerjaan-cair-lagi-ke-rekening-karyawan-ini-jadwal-bsu-subsidi-gaji

Read previous post:
BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
Perpanjangan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021

Youtube Rewind Indonesia 2020, Apa Sih itu?
Youtube Rewind Indonesia 2020, Apa Sih itu?

aa gym
Aa Gym Positif Covid-19

Close