Cara Pencegahan Stunting. Berdasarkan WHO, stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi yang tak memadai.

Cara Pencegahan Stunting

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang dapat terjadi pada anak. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. Stunting dapat dicegah sejak dini, bahkan sejak masa kehamilan.





Berikut ini Cara Pencegahan Stunting, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Periode 1000 hari pertama kehidupan
    Stunting pada anak dapat dicegah sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun, atau disebut juga sebagai periode 1000 hari pertama kehidupan, cukupi kebutuhan zat besi, yodium, dan asam folat.
    Zat besi, asam folat, dan yodium merupakan nutrisi penting yang wajib dipenuhi ibu hamil untuk mencegah stunting. Kekurangan zat besi dan asam folat dapat meningkatkan risiko anemia pada ibu hamil. Anak yang lahir dari ibu hamil dengan anemia lebih berisiko mengalami stunting.
  • Memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil
    Memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil merupakan tindakan yang relatif ampuh untuk mencegah stunting pada anak adalah selalu memenuhi gizi sejak masa kehamilan. Ibu yang sedang menjalani proses kehamilan disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin kesehatannya ke dokter atau bidan dan selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta suplemen atas anjuran dokter.
  • ASI Eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan
    Menurut penelitian, ASI mengandung gizi mikro dan makro, Protein whey dan kolostrum pada ASI mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, kandungan ASI  yang dapat berpotensi untuk mengurangi stunting pada anak. Pemberian ASI Eksklusif dilakukan selama enam bulan kepada bayi.
  • Memberikan MPASI sehat
    Memberikan MPASI yang sehat ketika bayi berusia enam bulan lebih. WHO pun merekomendasikan fortifikasi atau penambahan nutrisi ke dalam makanan, untuk menentukan produk tambahan MPASI sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan.
  • Selalu memantau tumbuh kembang anak
    Selalu memantau tumbuh kembang anak, terutama dari tinggi dan berat badan anak. Periksa secara berkala ke Posyandu maupun klinik khusus anak
  • Selalu menjaga sanitasi
    Selalu jaga kebersihan lingkungan, anak-anak sangat rentan akan serangan penyakit, terutama jika sanitasi lingkungan sekitar kotor. Salah satu penyebab stunting adalah karena lingkungan yang kotor, penyakit  diare adalah faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan dari paparan kotoran yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Demikian artikel tentang Cara Pencegahan Stunting , semoga bermanfaat.

Source : ikhtisarsingkat.blogspot.com

Read previous post:
aplikasi untuk melacak keberadaan pesawat
Aplikasi Untuk Melacak Keberadaan Pesawat

Close