BLT Subsidi Gaji Cair Bulan Ini. Pemerintah berencana akan memperpanjang program BLT Subsidi Gaji atau yang dikenal juga Bantuan Subsidi Upah (BSU). BSU akan kembali cair pada Januari 2021.

BLT Subsidi Gaji Cair Bulan Ini

Kabar gembira datang bagi para pekerja yang kini memiliki upah di bawah Rp5 juta karena dana BLT gaji akan ditambah oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Diketahui, pada 2020 lalu anggaran untuk program itu sebesar Rp1,2 juta untuk satu orang penerima.



Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, tujuan pemberian anggaran tambahan itu lantaran pemerintah melihat semakin banyak pekerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Sehingga dibutuhkan peran lebih dari pemerintah untuk meringankan beban mereka.

“Kita akan memberikan tambahan anggaran subsidi gaji di bawah 5 juta dan kita memberikan kemudahan bagi UMKM,” ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (4/1/2021).

Adanya program pemulihan ekonomi nasional (PEN) itu, terdapat enam fokus bidang yaitu kesehatan dengan anggaran Rp97,26 triliun, perlindungan sosial Rp234,33 triliun sektoral K/L dan Pemda Rp65,97 triliun, UMKM Rp114,81 triliun, pembiayaan korporasi Rp62,22 triliun, dan insentif usaha Rp120,6 triliun.

Menurut dia, program PEN tersebut telah mampu membuat perekonomian menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari terjadinya momentum pembalikan pertumbuhan di beberapa sektor.

Anggaran ini untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Karena efek Covid-19 ini menekan ekonomi,” kata dia. Bendahara negara itu berharap program pemulihan ekonomi nasional (PEN) terhadap kesejahteraan masyarakat maupun keberlangsungan perekonomian.

“Tentu dalam hal ini kami akan melihat apakah efektivitas dari program ini betul-betul mencapai kepada masyarakat atau perekonomian,” katanya.

BLT subsidi gaji merupakan bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta yang diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Bantuan ini diberikan untuk membantu mereka yang terdampak pandemi covid-19.

Para pekerja turut memberikan tanggapannya melalui media sosial. Sebagian besar menantikan BLT subsidi gaji termin 3. Berikut sejumlah komentar netizen yang dikutip Okezone Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Sebuah akun instagram dengan nama @windaliana69 mempertanyakan kapan BSU termin 3 cair.

“Termin 3 kpn ya,” tulis akun Instagram @windaliana69 di kolom komentar Instagram Kemnaker.

Netizen dengan nama akun Instagram @yanklik berharap agar BSU benar-benar berlanjut di 2021.

“Alhamdulillah… mdh2an BSU berlanjut di thun 2021 ini…” tulis @yanklik.



Seperti diketahui, BLT subsidi gaji sudah dilakukan sebanyak 2 termin. Namun, masih ada pekerja yang terkendala sehingga belum menerima bantuan tersebut.

“Belum juga dapat bsu,” tulis @mucharif.id.

Seorang netizen dengan nama akun @lailanasridapohan bahkan mengeluh karena BSU tak kunjung cair ke rekeningnya, padahal teman sekantornya sudah menerima.

BLT Subsidi Gaji Cair Bulan Ini

“masih ada harapan kaah untuk yang belum pernah dapat sama sekali? gak ikhlass teman sekantor pada dapet aku sendiri yang gak dapaatttt,” tulis @lailanasridapohan.

 

Read previous post:
BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
BLT Khusus Ibu Rumah Tangga

Cek Penerima Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SD-SMA, AKSES pip.kemdikbud.go.id
Bantuan Program Indonesia Pintar SD-SMP-SMA/SMK, Siapkan NISN untuk Login pip.kemdikbud.go.id

Program Insentif Kartu Prakerja
Pendaftaran Pra Kerja 2021 di www.prakerja.go.id, Ini Syarat dan Caranya

Close