Bijak Main Tiktok, Yuk!. Sobat Phi main TikTok? Belakangan ini popularitas TikTok semakin tinggi, lho. Mengalahkan Facebook dan Instagram.  Ini karena TikTok diminati berbagai kalangan dan usia. TikTok juga menjadi wadah hiburan dan kreativitas untuk mengisi waktu di tengah pandemi covid-19 ini.

Bijak Main Tiktok, Yuk!

Meski begitu, di tengah kepopulerannya TikTok bisa saja menjadi sasaran untuk disalahgunakan. Sama seperti media sosial lainnya, TikTok tak luput dari potensi tersebarnya konten negatif, peretasan akun, dan sebagainya. Jika Sobat Phi tidak bijak menggunakannya, yang rugi bukanlah hanya diri sendiri, tapi orang lain. Agar bijak dan aman main TikTok, yuk simak tips berikut ini!

  1. Password Unik

Password merupakan salah satu kunci utama untuk keamanan akunmu agar tak mudah disalahgunakan atau diretas orang lain. Sobat Phi harus menghindari menggunakan password yang sama dengan akun platform lain. Pilihlah password yang kompleks dan minimal 8 karakter. Misalnya, menggunakan salah satu huruf besar, angka, atau mungkin simbol. Selain itu hindari menggunakan identitas atau hal pribadi seperti nama hewan peliharaan, tanggal lahir, dan lainnya. Agar lebih aman, gantilah password-mu secara berkala tiga bulan sekali. Jika kamu ingin mencatat password agar nggak lupa, pastikanlah tak ada yang mengetahuinya.



  1. Jangan Cantumkan Data Pribadi

Tak hanya di password, hindari juga mencantumkan data pribadi pada akun TikTok-mu. Misalnya, mencantumkan alamat atau informasi pribadi lainnya pada profil akun. Kita tak pernah tahu jika suatu saat informasi tersebut bisa disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Jadi, sebaiknya hindari, ya!

  1. Jadikan Akun Privat

Nah, tips selanjutnya adalah mengatur akunmu menjadi privat. Sebetulnya ini pilihan masing-masing. Namun, hal ini akan mempermudahmu memilah permintaan followers dan mengatur preferensi konten yang kamu inginkan. Caranya: pilih tab “Saya” lalu klik pilihan “Privasi dan Pengaturan”. Lalu di “Privasi dan Kemanan” ubahlah pengaturan akunmu menjadi privat.

  1. Penyaringan Konten

Tips aman bermain TikTok selanjutnya adalah melakukan penyaringan konten. Caranya: aktifkkan Mode Terbatas pada pengaturan akunmu. Dengan begini konten yang ditampilkan akan terbatasi. Kamu juga bisa menyaring siapa saja yang bisa memberikan komentar dan melihat konten milikmu.

  1. Bijak Membuat Konten

Menyalurkan kreativitas atau sekedar membuat konten yang menghibur memang menyenangkan. Tapi, tetap berhati-hati dan bijaklah saat membuatnya. Hindarilah membuat konten yang melibatkan data pribadi seperti lokasi rumah. Saat ini orang-orang bisa dengan mudah mengetahui suatu lokasi dari latar belakang video saja, lho. Selain itu hindari membuat konten yang melanggar peraturan atau yang berpotensi menyakiti hati orang lain. Pikirkanlah baik-baik sebelum mengunggah sebuah konten.

  1. Jangan Abaikan Hak Cipta

Masih berhubungan dengan konten yang kamu buat, nih, Sobat Phi. Jangan karena ingin kontenmu cepat populer, kamu jadi mencuri karya atau konten orang lain, ya! Wah itu sih tidak boleh. Sebagian besar konten yang ada di internet memiliki hak ciptanya sendiri. Jika kamu mengunggah ulang tanpa izin atau mencurinya, sama saja seperti melakukan pelanggaran.

  1. Jangan Ragu Melapor

Menemukan konten yang negatif atau melanggar aturan? Jangan ragu untuk melaporkannya ke tim Moderasi TikTok. Kamu bisa melaporkan akun, komentar, atau video yang bersifat tidak pantas. Tim TikTok siap berjaga selama 24 jam, kok.



Nah, itulah tips aman bermain TikTok yang bisa kamu lakukan. Walaupun menyenangkan dan menghibur, jangan sampai mengabaikan keamananmu sendiri, ya!

*sumber: rukita

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Soal dan Jawaban Belajar Dari Rumah di TVRI SD Kelas 1-6 22 Juli 2020
Soal dan Jawaban Belajar Dari Rumah di TVRI SD Kelas 1-6 22 Juli 2020

Memahami Tahapan Membuat Vaksin, Tidak Bisa Buru-buru!
Memahami Tahapan Membuat Vaksin, Tidak Bisa Buru-buru!

Soal dan Jawaban Belajar Dari Rumah di TVRI SMP SMA 21 Juli 2020

Close