10 Keahlian Software Architect. Sebelumnya Phi Radio sudah membahas sedikit pengenalan mengenai profesi software architect. Nah, sekarang kita pelajari mengenai keahlian apa saja yang harus Sobat Phi miliki jika bercita-cita menjadi software architect.

10 Keahlian Software Architect

Sebagai seorang software architect yang profesional, kamu perlu mengikuti berbagai pelatihan. Pengalaman selama bertahun-tahun ini akan menjadi bekal dan modal yang penting di kemudian hari. Selain itu, kamu juga harus berpengalaman dalam hal desain software dan pengembangannya.





Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki software architect, di antaranya adalah:

  1. Komunikatif

Seorang software architect harus memiliki keahlian dalam berkomunikasi ke semua tim dan juga klien. Memiliki ide yang cemerlang tanpa bisa mengomunikasikan ide-ide tersebut bisa berdampak pada kegagalan. Untuk itu, kamu harus bisa menyusun ide dan menyajikannya dengan apik secara visual terhadap semua tim.

Jadi, selain ikut berpartisipasi saat rapat suatu proyek yang akan dikerjakan, kamu juga harus aktif dan bersikap transparan serta terbuka untuk semua saran yang diberikan. Dengan demikian, kamu bisa bertanya, merancang, berkompromi secara sehat, dan membuat jadwal yang tepat untuk batas penyelesaian suatu proyek yang telah disesuaikan dengan saran yang diajukan.

  1. Desain

Skill yang kedua adalah desain. Membuat sebuah desain yang tepat dan sesuai dengan keinginan klien adalah hal yang harus dimiliki software architect. Skill yang satu ini harus selalu diasah agar bisa mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.





  1. Pengambilan Keputusan

Seorang software architect harus bisa mengambil suatu keputusan dalam pengerjaan suatu proyek. Kamu harus bisa memilah, fokus dan mempertimbangkan langkah apa yang terbaik. Buat beberapa opsi dan bandingkan dengan fakta yang ada di lapangan.

  1. Coding

Penting bagi seorang software architect untuk memahami apa saja yang harus dikerjakan tim pengembang. Selain itu, penting pula untuk mengerti akan kebutuhan serta tingkat kesulitan yang dihadapi pihak pengembang. Hal ini akan membantu kamu dalam hal membangun kepercayaan dari pihak developer agar menghargai keputusan yang sudah kamu pilih.

  1. Keseimbangan

Skill berikutnya yang harus kamu kuasai adalah kemampuan untuk menyeimbangkan semua hal yang berhubungan dengan pengerjaan suatu proyek. Pasalnya, seorang software architect sering menjadi jembatan antar tim yang memiliki latar belakang berbeda yang bisa memicu konflik jika tidak ada yang bisa menengahinya.

  1. Kesederhanaan

Terlalu banyak pertimbangan dan membuat beberapa asumsi saat memecahkan suatu masalah bisa berdampak pada pemberian solusi yang terlalu rumit bagi tim. Untuk itu, penting bagi kamu untuk bisa memandang suatu masalah secara sederhana agar asumsi yang diberikan juga bisa dikurangi sehingga tercapai suatu solusi yang terbaik.

  1. Estimasi

Bisa memberikan estimasi yang tepat dalam proses pengerjaan suatu proyek merupakan keahlian berikutnya yang harus kamu miliki. Perkiraan waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan proyek tersebut gagal.

  1. Dokumentasi

Mampu mendokumentasikan segala hal yang berhubungan dengan tugas software architect adalah salah satu skill yang harus kamu miliki. Dokumentasi tersebut harus berisi tentang informasi yang mudah untuk dibaca sekaligus mudah untuk dipahami.

  1. Konsultasi

Seorang software architect harus mampu memberi dan menerima setiap ide, saran serta keluhan setiap orang yang terlibat dalam suatu proyek. Dengan berkonsultasi, setiap permasalahan yang muncul akan bisa segera diatasi dengan sebaik-baiknya.

  1. Pemasaran




Skill yang terakhir adalah pemasaran. Jika memiliki ide yang bagus, kamu harus bisa mengomunikasikannya kepada seluruh peserta rapat, bahkan khalayak luas.

10 Keahlian yang Perlu Dimiliki Software Architect

Itu tadi sepuluh keahlian yang perlu dimiliki seorang software architect. Bagaimana, apakah kamu siap menjadi berprofesi sebagai software architect, Sobat Phi?

*sumber: https://glints.com/id/lowongan/software-architect-adalah/#.XzuFbOgzbIU

Read previous post:
ppkm-jawa-bali
Tujuh Provinsi Yang Menerapkan PPKM hingga 8 Februari 2021

Close